Petugas Sidak Produk Ikan Kemasan Kaleng

48

Petugas gabungan di kota Cimahi sidak ke sejumlah toko ritel, untuk uji laboratorium terhadap sejumlah produk ikan kemasan kaleng, senin siang. Hal tersebut untuk mengantisipasi temuan cacing di dalam produk ikan kemasan kaleng. Masyarakat diimbau lebih berhati-hati dalam membeli produk pangan, serta selalu memeriksa kemasan, ijin edar, hingga tanggal kedaluarsa.

Petugas gabungan dari badan karantina ikan dan  pengendalian mutu atau bkipm JABAR, serta balai besar pengawas obat dan makanan bandung, sidak ke sejumlah toko ritel di  kota Cimahi, senin siang. Mereka memeriksa produk makanan ikan dalam kemasan kaleng.

Satu persatu produk ikan dalam kemasan kaleng atau yang dikenal sarden, dibuka kemudian diuji laboratorium oleh petugas langsung di tempat, dengan menggunakan alat mikroskop. Pemeriksaan disaksikan pengelola toko.

Dari hasil pemeriksaan selama satu jam lebih, petugas tak menemukan cacing dalam sarden. Pemeriksaan dilakukan sebagai upaya petugas mencegah cacing dalam kandungan produk ikan kemasan kaleng.

Dari hasil penyelidikan, ada tiga merk produk ikan kemasan kaleng yang sudah ditarik dari peredaran, karena ada cacingnya.

Diharapkan, masyarakat tidak resah terkait temuan cacing dalam produk ikan kemasan kaleng. Masyarakat diimbau untuk lebih cermat dan berhati-hati dalam membeli produk pangan, terutama dalam kemasan.

Warga diimbau selalu memperhatikan kemasan, label, ijin edar BBPOM, termasuk produk kedaluarsa, sebelum membeli dan mengkonsumsi produk tersebut.

Algi Muhammad Gifari, Bandung TV.