Angka Kriminalitas di Jabar Cenderung Menurun

198

Memasuki tahun politik 2018, 16 kabupaten-kota dan provinsi Jabar menggelar pilkada serentak, pada 27 Juni 2018. Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengungkapkan, di hajat pilkada kali ini, angka kriminalitas di Jawa Barat cenderung menurun. Proses pilkada pun terbilang kondusif.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengungkapkan, aparat kepolisian siap mengamankan pilkada serentak. Polda Jabar pun menggelar rangkaian kegiatan kesiapan masyarakat untuk pilkada.

Menurut kapolda, sampai saat ini, situasi pilkada di Jabar aman, dan kondusif. Bahkan, kriminalitas pun turun dibandingkan sebelum kampanye. Artinya, masyarakat sudah paham pilkada merupakan pesta demokrasi.

Selain itu, dirinya meminta aparat Polri, TNI, KPU, dan Panwas netral selama pilkada. Dia juga menegaskan, hingga saat ini, pihaknya belum menerima laporan black campaign.

Kapolda pun meminta masyarakat cerdas dan tidak terintimidasi iming-iming uang. Warga akan memilih pemimpin untuk 5 tahun. Jadi, jika diberi uang sebesar 100 ribu, selama 5 tahun warga telah menggadaikan hak pilihnya hanya dengan uang 100 ribu.

Algi Muhammad Gifari, BandungTV.