Tebing Longsor Rusak Rumah Warga

169

Tebing setinggi lima belas meter di kawasan padalarang kabupaten Bandung Barat, longsor selasa pagi. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Namun, selain menghancurkan bangunan rumah, peristiwa tersebut membuat sejumlah kolam ikan milik warga dan saluran air tertimbun longsor. Longsor dipicu curah hujan tinggi, sehingga kondisi tanah labil karena tak mampu menahan debit air.

Warga desa kertamulya, kecamatan padalarang, Bandung Barat, dikejutkan dengan peristiwa longsor dari tebing setinggi 15 meter, sekitar pukul 8 selasa pagi. Peristiwa longsor tersebut membuat bangunan ruangan dapur rumah milik keluarga wawan hancur.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Belum ada upaya pemilik rumah maupun petugas mengevakuasi perabotan dapur yang tertimbun meterial tanah dan batu.

Selain menghancurkan ruangan dapur rumah, longsor juga menimbun saluran air dan dua kolam ikan berukuran 10 meter persegi. Kerugian akibat peristiwa ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Untuk menormalisasi saluran air, petugas badan penanggulangan bencana daerah kabupaten Bandung Barat dibantu warga, berusaha menyingkirkan material batu dan longsoran tanah dengan alat seadanya.

Dari hasil kajian dan penelitan  BPBD Bandung Barat, longsor dipicu curah hujan tinggi, sehingga tanah yang labil tak mampu menahan debit air.

Warga khawatir terjadi longsor susulan, mengingat curah hujan masih tinggi. Peristiwa longsor juga mengancam enam unit rumah warga lainnya, yang dihuni setidaknya 40 jiwa.

Untuk sementara, sebagian warga yang rumahnya terancam, mengungsi ke rumah kerabat dan saudara, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Algi Muhammad Gifari, Bandung TV.