Disdik Jabar Jamin Tak Ada Kebocoran Dalam UNBK

82

Guna mencegah kebocoran soal dan kunci jawaban pada Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK tingkat SMA sederajat, kepala Dinas Pendidikan Jabar inpeksi mendadak atau sidak, ke SMA negeri tiga dan lima Bandung, Senin pagi. Dirinya pun menjamin, penyelenggaraan unbk tahun ini aman, dan tidak ada kebocoran soal maupun kunci jawaban.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi, sidak ke sekolah menengah atas negeri tiga dan lima kota Bandung, Senin pagi. dalam sidak kali ini, Hadadi langsung memantau hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK tahun 2018.

Selain memantau para siswa, fasilitas komputer serta listrik, sidak kali ini juga mencegah kebocoran soal dan kunci jawaban UNBK. Kadisdik pun akan bertindak tegas, jika ada oknum yang sengaja membocorkan dokumen rahasia negara tersebut ke ranah hukum.

Dalam UNBK tahun ini, Kadisdik Jabar menjamin, tidak akan ada kebocoran, karena mulai dari soal hingga server langsung dari pusat. Tahun ini, Disdik Jabar memastikan seratus persen SMA dan aliyah mengikuti UNBK.

Tahun ini, ada 213 ribu 78  siswa di Jabar, pada seribu 530 sma dan Aliyah seJawa Barat, yang mengikuti UNBK. UNBK akan berlangsung selama empat hari.

Yuwana Kurniawan, Bandung TV.