Ngegas Bareng Yon Zipur 9 Kostrad, Menikmati Pesona Alam Gunung Manglayang

51

Upaya untuk terus menjalin hubungan dan kemitraan yang baik dengan masyarakat sekitar terus dilakukan oleh satuan Yon Zipur 9 Kostrad Ujungberung Bandung dengan menggelar sebuah kegiatan otomotif. Kali ini jalinan kerjasama  dilakukan bersama komunitas trail adventure yang ada di wilayah Bandung Timur. Kolaborasi tersebut menghasilkan ide dengan menggelar kegiatan Trail adventure Offroad alias Ngegas Bareng.

Yon Zipur 9 Kostrad berupaya untuk bekerjasama dengan pihak manapun dalam menggelar kegiatan offroad yang kini sedang bergema. Maraknya serta suburnya jumlah  kaum  penghobi garuk tanah, diperlukan sebuah wadah serta sarana mengaplikasikan keinginan dalam menjalankan hobinya. Semangat serta keinginan yang begitu tinggi untuk  bersama-sama menggelar kegiatan trail adventure yang dituangkan dalam sebuah kegiatan yang diberi tajuk “Ngegas Bareng Yon Zipur 9 Kostrad” Trail Adventure yang berlangsung di markas Yon Zipur 9 Kostrad Ujung Berung Bandung, Sabtu (31/3).

Sejak pagi hari para peserta terus berdatangan untuk mendaftarkan diri. Tak pelak, mendekati akhir pendaftaran jumlah peserta  membengkak, menyentuh 1700 offroader yang datang dari berbagai kota.

Teman sesama kolega dan penghobi lintas komunitas trail, diundang untuk turut berpetualang bersama menjelajahi pegunungan  Manglayang yang tidak jauh dari markas Yon Zipur 9 Kostrad. Dilepas secara serentak menyusuri jalan Ujungberung Bandung, yang pagi hari itu arus lalu lintas begitu padat dan macet.

Iringan rombongan peserta trail adventure melewati kawasan Cigending Ujungberung, masuk menyusuri kawasan Dano. Disinilah titik awal kemacetan dijalur. Trek berlumpur nan licin akibat hujan yang turun sehari sebelumnya, membuat permukaan trek begitu berat.

“Trek disajikan begitu variatif. Kondisi trek bebatuan, tanah merah berupa tanjakan licin dan turunan curam, menjadi ujian bagi para offroader ketika hendak melewatinya. Salah satunya adalah tanjakan Kostrad yang sengaja dibuat untuk memberikan adrenalin bagi para offroader yang ingin mencoba melintasinya. Perhelatan ini bukan saja diselenggarakan dengan nuansa pegunungan Manglayang dengan panorama sekelilingnya  yang cukup indah dan asri. Tetapi juga menggunakan format penyelenggaraan yang berbeda, dan sangat kental dengan nilai silaturahmi,”kata Kapten CZI Amito Surya, Ketua Pelaksana Kegiatan.

Begitu besarnya antusias para offroader yang datang, Yon Zipur 9 Kostrad  akan menjadikan kegiatan One Day Trip Trail Adventure ini, merupakan kegiatan tahunan.

Apalagi untuk tahun ini kegiatannya dilaksanakan bersamaan dengan momen hari ulang tahun Kostrad TNI ke-57, a sekaligus untuk mewadahi kiprah para penggila trail adventure Jawa barat maupun dari beberapa kota lainnya. Kegiatan ini sekaligus untuk menjalin silaturahmi antar sesama offroader, dan memberikan sebuah hiburan bagi masyarakat sekitar.

Sebuah  tiket umroh dan dua unit sepeda motor serta hadiah menarik lainnya menjadi momen yang ditunggu oleh segenap peserta, sambil melepas lelah dan menikmati sajian musik yang dipentaskan diatas panggung.

“Akan selalu ada ide baru serta inovasi segar untuk terus menyelenggarakan aktivitas olahraga petualangan bersama yang sangat dinanti oleh para offroader. Selebihnya perhelatan Ngegas Bareng ini adalah sebagai kegiatan rekreasi, memperkenalkan potensi wisata di kawasan Gunung Manglayang, dan untuk menghilangkan kepenatan setelah melakukan aktifitas pekerjaan dengan esensi merangkul dan menjalin erat tali silaturahmi antar sesama offroader. Sampai jumpa lagi ditahun depan,”ujar Letkol CZI Ferry Kriswardana, S.Sos.M.Tr, Komandan Yon Zipur 9 Kostrad yang bermarkas di Ujungberung Bandung. (E-002)***