Suami Jadi Tersangka, Erlin Tetap Ikut Debat

11

Bupati Bandung barat dan beberapa pejabat lainnya ditetapkan sebagai tersangka kasus suap oleh komisi pemberantasan korupsi. Meski begitu, istri abubakar, erlin suarliah, tetap mengikuti debat terbuka pilkada serentak.

Usai menjalani pemeriksaan kesehatan di salah satu rumah sakit di kota Bandung, hingga pukul 21 waktu indonesai bagian barat, abubakar tak kembali ke kediamannya.

Diperoleh informasi, abubakar langsung dibawa kpk ke jakarta, terkait penetapan statusnya sebagai tersangka.

Sedangkan erlin suarlia, istri abubakar, tak berada di kediamannya sejak sore hingga malam, karena tengah megikuti debat publik pilkada serentak. Erlin mencalonkan diri sebagai bupati Bandung barat pada pilkada 2018.

Erlin bersama pasangannya maman s sonjaya, beradu visi bersama Dodi Imran-Pupu Sari, serta aa umbara-hengki kurniawan, dalam debat yang diselenggarakan kpud Bandung barat.

Erlin mengakui tak terpengaruh situasi sang suami yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Erlin mengaku tak mengetahui keberadaan suaminya, karena menurutnya sang suami tengah menjalani kemoterapi di rumah sakit. Erlin pasrah dan menyerahkan proses hukum suaminya ke kpk.

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, abubakar yang sudah menjabat dua periode sebagai bupati Bandung barat sejak 2008, sempat membantah jika dirinya terjaring operasi tangkap tangan oleh kpk.

Padahal, dengan alasan kesehatan, kpk sempat menangguhkan pemeriksaan terhadap abubakar.

Pada 10 april 2018, kpk telah melakukan ott di pemkab Bandung barat. Selain abubakar, dalam ott tersebut kepala badan kepegawaian daerah Asep Hikayat, Kepala Bapeda Adiyoto, kepala dinas perindustrian dan perdagangan weti lembanawati.

Staf dinas perindustrian dan perdagangan caca, satf bkkd ilham dan yusuf pun ditetapkan sebaga tersangka dalam kasus pemberian suap kepada bupati, dengan barang bukti ratusan juta rupiah, untuk kepentingan pencalonan erlin.

Kpk sudah menyegel ruangan rapat di dinas perindustrian dan perdagangan, yang menjadi salah satu lokasi ott.

Algi Muhammad Gifari, Bandung TV.