Dadang Mulyana, Harus Merasa Nyaman dan Aman

83

Dalam menyikapi dunia pendidikan seakan tak habisnya untuk terus berkreasi dan berinovasi dan berkarya. Apalagi perkembangan zaman saat ini sudah semakin berkembang pesat.

Banyak  perubahan mulai dari pembelajaran,karakter,kurikulum dan lainnya. Hal ini yang selalu membuat Dekan FKIP UNPAS  DR Dadang Mulyana Msi,  selaku praktisi pendidikan yang sudah lama  memberi berbagai solusi bagi dunia pendidikan, khususnya di Jabar.

Banyak di antara pendidik (guru) yang  meminta pendapatnya tentang dunia pendidikan atau profesi guru dalam  mendidik anak didiknya, sehingga  merasa aman dan nyaman saat menerima pelajaran ilmu.

Menjadi guru yang professional memang membutuhkan kemampuan dan kepribadian yang baik, hingga saat mengajar disekolah siswa dan siswi bisa merasa bangga  diberi pelajaran oleh guru.

Mungkin dari tata cara penyampaian pelajaran,tata bahasa,perilaku,menghargai sesama bahkan mendengarkan permasalahan yang di alami oleh siswa dan siswinya.

Selain itu juga menjadi guru adalah salah satu upama sebagai orang tua kedua di luar rumah dalam mendidik perilaku siswa dan siswi. Saling menghargai antara guru dan siswa  harus terjadi.

Apalagi sekarang dalam dunia pendidikan sudah banyak sekali kemajuan , sejalan dengan laju teknologi yang melaju pesat , maka mau tidak mau guru harus bisa mengikuti pembelajaran teknologi supaya tidak kalah bersaing dengan siswa dan siswinya.

Untuk menjadi guru yang professional  harus bisa mengubah tata cara pembelajarannya, misalnya , dengan menerapkan banyak praktek dari teori.

Akan tetapi harus melihat situasi dan kondisi juga,agar para siswa dan siswi  merasa nyaman dan aman dalam proses belajar dan mengajar.(E-011) ***