Mengatasi Pegal Ketika Berkendara Jarak Jauh

93

Berkendara jarak jauh yang memakan waktu cukup lama, tentu membuat anggota tubuh terasa pegal. Bahkan, beberapa di antaranya pernah mengalami keram ketika mengemudi.

Menurut Jusri Pulubuhu, pendiri sekaligus Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), peregangan menjadi kunci menjaga  kondisi badan agar rilek sepanjang perjalanan.

“Pegal saat mengemudi bisa diatasi dengan stretching, itu bisa dilakukan di luar atau di dalam mobil, hanya saja tetap perhatikan ketika melakukannya kondisi saat tidak sedang mengemudi atau mobil dalam keadaan berhenti,” kata Jusri Pulubuhu.

Bagi yang sudah merasa letih berkendara, Jusri menyarankan untuk segera menepi di rest area atau lokasi yang sudah disediakan. Tapi, bila sedang terjebak di dalam kemacetan yang panjang, dia menyebut beberapa teknik perenggangan yang bisa dilakukan di dalam mobil.

Peregangan yang dapat dilakukan di dalam mobil :

Peregangan Kepala

Peregangan kepala dapat dilakukan dengan menggerakkan kepala ke kiri dan kanan serta gerakan mengangguk atau menengadah secara berulang seperti pemanasan sebagaimana dilakukan sebelum olahraga.

Kemudian gerakan bahu ke atas dan ke bawah juga memutarnya ke depan dan ke belakang agar menghilangkan kepenatan dan ketegangan wilayah atas tubuh.

Peregangan Tangan

Bagian lain yang juga harus diregangkan adalah tangan. Caranya dengan meluruskan kedua tangan hingga ke atas lingkar kemudi dengan posisi telapak tangan saling berhadapan, setelahnya balik telapak tangan hingga akhirnya punggung tangan yang berhadapan.

Kemudian menurut Jusri, peregangan tangan dapat ditambah dengan melakukan menyentuh buckle seat belt.

“Caranya pertahankan posisi badan tetap ke depan, kemudian posisikan tangan kanan untuk menyentuh buckle seat belt jok penumpang depan, setelah itu gantian tangan kiri diposisikan untuk menyentuh dinding mobil yg terdekat dengan tuas reclining jok pengemudi,” jelas Jusri.

Peregangan Kaki

Selain itu wilayah kaki juga penting untuk diregangkan. Luruskan kedua kaki dan goyangkan, caranya dengan memundurkan jok hingga paling belakang untuk memaksimalkan ruang gerak kaki.

“Peregangan wilayah bawah tubuh dapat dilakukan dengan meluruskan kaki kemudian digoyangkan saja sudah cukup, secara bersamaan jari kaki juga harus digoyangkan. Itu dapat dilakukan dengan memundurkan jok sehingga kedua kaki memiliki ruang gerak bebas, tapi bila areanya terbatas bisa meluruskannya satu per-satu,” tambah Jusri.

Peregangan Wajah

Menurut Jusri, anggota tubuh lain yang ternyata juga butuh peregangan adalah wajah. Peregangan wajah dapat dilakukan dengan membuka mulut dan gerakkan seperti mengunyah atau menggerakan wajah seperti merasakan makanan yang asam.

“Stretching muka dapat menghilangkan rasa faituge pada mata juga dapat menyegarkan wajah agar siap berkendara lagi,” ujar,Jusri. (E-002)***