Perhatikan Oli Gardan Skutermatik

151
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bagi pengguna skuter atau yang kita kenal dengan motor matik, ada hal-hal yang yang perlu diperhatikan untuk  menjaga performa tunggangan kesayangan agar selalu dalam kondisi optimal,  oli salah satunya.

Biasanya, pemotor akan hanya fokus dengan oli mesin saja, mengingat penggantian oli mesin memang tertera dalam buku servis manual yang mau tidak mau harus dilakukan pada saat servis berkala.

Tapi, ada yang perlu kamu ingat, pada skuter matik ada yang namanya oli gardan atau oli transmisi yang terkadang luput dari perhatian.

Training & Technical Service Engineer Motul Indonesia, Isadat Salam menjelaskan, kehadiran oli gardan pada motor matik tidak kalah penting dibanding oli mesin.

Oli gardan memiliki fungsi yang cukup vital, yakni untuk melancarkan kinerja transmisi pada motor. Oli transmisi juga perlu diganti secara berkala seperti layaknya oli mesin

Isadat memaparkan komponen transmisi pada motor matik pasti saling bergesekan saat sedang bekerja. Sehingga bila tidak diberi pelumas, transmisi bisa rusak yang ditandai dengan timbulnya bunyi yang berasal dari boks CVT.

Sayangnya, tidak semua pabrikan memberikan informasi kapan seseorang harus mengganti oli gardan pada buku servis manual pada saat membeli. Lazimnya, mereka hanya menuliskan kapan seorang pemilik motor matik harus mengganti oli mesin saja.

“Di beberapa buku manual, biasanya pedoman ganti oli gardan tidak ditulis seperti halnya oli mesin. Waktu ideal untuk menggantinya setiap dua kali waktu ganti oli mesin, jadi kalau dibuat perbandingan, perbandingannya sekitar 2:1. Jadi biar tarikan motor tetap bagus, misalkan pabrikan menyarankan ganti oli mesin setiap 4.000 km, berarti waktu pergantian oli gardannya, pada saat pemilik motor melakukan penggantian oli mesin di 8.000 km. Begitu seterusnya,” ujar Isadat. (E-002)***