Dewan Minta Dana CSR Lebih Ditingkatkan Lagi

62

BISNIS BANDUNG- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat meminta program dana tanggung jawab sosial atau CSR (Corporate Social Responsibilty) di Provinsi Jawa Barat ditingkatkan lagi karena sepanjang 2017 dana CSR yang dihimpun mencapai Rp234 miliar.
“Kami mengapresiasi proyek-proyek CSR di Jawa Barat dan kami berharap penghimpunan dana CSR kedepannya bisa lebih ditingkatkan lagi,” kata Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari di Bandung, Rabu.

Ineu mengatakan dana CSR merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar. “Jadi ada kerja sama mitra dan pembangunan bersama pemerintah daerah dengan perusahaan di Jabar. Tentunya program ini sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat Jabar,” ujar Ineu.

Pihaknya berharap, kegiatan CSR tersebut dapat dilakukan secara konsisten secara baik sehingga terlihat partisipasi secara konkrit perusahaan di Jawa Barat yang menunjang pembangunan di Jawa Barat.

“Pembangunan di Jawa Barat selain membutuhkan dukungan dari stakeholder juga dari mitra untuk bisa merealisasikan apa yang menjadi harapan masyarakat Jabar,” katanya seraya menambahkan

paling tidak program CSR dapat berjalan efektif di lingkungan perusahaan dengan adanya kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Ia menuturkan, program CSR tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan ada pun bentuk CSR yang diberikan kebanyakan berkaitan dengan tema lingkungan, sosial dan infrastruktur yang mana program itu sejalan dengan di dewan.

Pemprov  Jawa Barat, menurut Sekda Jabar Iwa Karniwa berhasil menggalang dana tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibilty (CSR) sepanjang 2017 mencapai Rp234 miliar.

“Alhamdulillah selama pada 2017, yang telah masuk dan tercatat di sekretariat Tim Fasilitasi CSR Jawa Barat adalah sebesar Rp243 miliar. Angka tersebut berasal dari laporan realisasi pelaksanaan CSR yang dilaporkan oleh 101 perusahaan mitra CSR Jabar,” tuturnya.

Menurut dia, program CSR di Jawa Barat yang sudah berjalan sejak diresmikan Gubernur Ahmad Heryawan 2011 lalu makin menunjukan pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan baik dari sisi jumlah dana, proyek hingga perusahaan yang berkontribusi.

Dalam peresmian proyek-proyek CSR Jabar 2017 juga mencatat jumlah perusahaan yang telah bergabung dan bersinergi dengan Tim Fasilitasi CSR Jabar sampai dengan 2017 telah mencapai 170 perusahaan.

Iwa  mengatakan melalui kegiatan diseminasi CSR Jabar pada tahun 2015, 2016 dan 2017, tim fasilitasi CSR Jabar telah melakukan diseminasi dengan sembilan kawasan industri di Jawa Barat, antara lain dengan Kawasan Industri Jababeka, Kawasan Industri KIIC.

Kemudian Kawasan Industri MM2100, Kawasan Industri Suryacipta, Kawasan Industri dan Pergudangan Marunda Center, Kawasan Industri Ejip, Kawasan Industri Lippo Cikarang, Kawasan Industri Kim dan Kawasan Industri Deltamas.

Untuk capaian investasi program dan kegiatan CSR Jabar yang telah terealisasi dari 2011 sampai dengan 2017 pihaknya mencatat dana sebesar Rp.1,39 triliiun dengan capaian realisasi program dan kegiatan CSR Jabar.

“Saya mewakili Pak Gubernur Jabar yang menjadi penanggung jawab fasilitasi program dan kegiatan CSR di Jawa Barat sekali lagi memberikan apresiasi dan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang telah melakukan sinergi program pembangunan dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat,” katanya.(B-002)***