Sampah Menggunung Di Pasar Tagog Padalarang

87

Persoalan truk pengangkut sampah yang rusak bannya, mengakibatkan sampah di depan pasar tagog Padalarang menggunung. Imbasnya, omzet pedagang pun menurun.

Persis di pinggir gerbang masuk ke dalam pasar tagog Padalarang, sampah mulai menggunung. Selain dari pedagang, sampah-sampah tersebut berasal dari rumah tangga masyarakat sekitar.

Para pedagang mengeluhkan, dua minggu belakangan petugas kebersihan sering terlambat mengangkut sampah. Ditambah, sejak sabtu lalu sampai jumat ini, sampah yang telah menggunung tak kunjung diatasi petugas upt kebersihan kabupaten Bandung Barat, sehingga jumlahnya terus bertambah setiap hari.

Petugas pengelola sampah pasar tagog Padalarang menyampaikan, pengangkutan sampah lambat karena semua ban kendaraan atau truk pengangkut sampah rusak. Selain itu, di tpa sarimukti terjadi antrean truk pengangkut sampah.

Penumpukan sampah tersebut membuat pedagang di pasar tagog Padalarang mengaku, omzet mereka menurun. Banyak pembeli tidak tahan dengan aroma menyengat yang ditimbulkan dari tumpukan sampah. Para pembeli pun memilih berbelanja di bagian dalam pasar.

Pedagang pasar tagog Padalarang pun terganggu dengan penumpukan sampah, karena menimbulkan bau tak sedap sehingga mengurangi minat orang untuk belanja. Pedagang berharap, sampah yang menggunung segera diangkut pihak terkait.

Algi Muhammad Gifari, Bandung TV.