Tak Miliki Komputer, UNBK SMP Favorit Menumpang

48

Karena tak miliki fasilitas komputer, ratusan peserta dari salah satu sekolah menengah pertama favorit negeri di Batujajar, terpaksa menumpang melaksanakan unbk di tempat lain.

Pihak sekolah pun harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar listrik. Selain itu, pada hari pertama UNBK tingkat SMP, peserta ujian sempat dibuat panik, karena sempat terjadi gangguan server selama tiga puluh menit.

Ratusan pelajar sekaligus peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK dari sekolah menengah pertama negeri satu Batujajar, terpaksa menunggu di luar ruangan.

Mereka sempat panik, saat selama hampir 30 menit belum bisa mengerjakan soal ujian mata pelajaran bahasa Indonesia, akibat gangguan pada server.

Berdasarkan informasi pihak sekolah, para pelajar baru bisa melaksanakan unbk pukul 8 atau terlambat 30 menit, akibat server dari kementrian pendidikan nasional offline.

Selain gangguan, setidaknya 3 ratus 9 puluh peserta UNBK dari SMPN satu Batujajar, harus menumpang ke tempat lain, tepatnya di sma negeri 1 Batujajar. Padahal, SMPN 1 batujajar termasuk sekolah favorit.

Ketiadaan fasilitas komputer, membuat pihak sekolah memimjam ke tempat lain. Itupun peserta harus mengikuti unbk dalam tiga sesi, hingga sore hari. Pihak sekolah juga terpaksa mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar listrik, karena meminjam puluhan perangkat komputer milik SMAN 1 Batujajar.

UNBK tingkat SMP di Bandung Barat serentak dilaksanakan tahun ini, namun secara keseluruhan belum maksimal.

Algi Muhammad Gifari, Bandung TV.