Mengenal Lebih Dekat “El Toro Loco”

17

Pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 tidak hanya menyuguhkan produk otomotif atau jejeran kendaraan dari berbagai produsen dan agen pemegang merek (APM) yang menebar promosi, ada juga penampilan salah satu monster truck yang terkenal di daratan Amerika dalam ‘panggung’ Monster Jam.

Dia adalah El Toro Loco, atau secara harfiah dapat diartikan ‘banteng gila’ yang didatangkan langsung dari garasi FELD Motorsport yang bermarkas di Florida, Amerika Serikat.

Monster truck yang dibuat 14 tahun lalu ini memiliki tinggi dan lebar 3 meter, sedangkan beratnya mencapai 5 ton.

Dijelaskan Dan Evans, sang pemilik El Toro Loco, mesin Big Block Chevrolet 8.300 cc yang ditempatkan di balik kabin pengemudinya ini menjanjikan tenaga hingga 1.500 daya kuda (dk) yang disalurkan pada transmisi otomatis 2-percepatan atau biasa disebut dengan Powerglide besutan General Motors (GM). Soal torsi, Evans tidak menjelaskan angka pastinya.

“Kami tidak pernah mengukur torsinya, yang saya tahu ini sangat besar dan tentunya sangat menyenangkan bisa mengendarainya,” ujar Evans, di IIMS 2018 Kemayoran Jakarta, Jumat (21/4).

Masing-masing ban besar yang berukuran tinggi 66 inci dan lebar 43 inci ini dilengkapi dengan dua suspensi nitrogen yang memiliki panjang 30 inci. Berbekal tenaga, torsi dan suspensi nitrogennya itu.

El Toro Loco mampu melakukan free style seperti back flip atau melesat ke udara hingga ketinggian 12 meter. Tidak hanya ban depan, untuk memudahkan bermanuver ban belakangnya pun dapat berbelok.

Urusan bahan bakar, tangki bensinnya mampu menenggak hingga 35 liter methanol , bensin hanya salah satu  campuran keduanya, karena mesinnya sudah diatur ulang untuk mampu meminum dua cairan itu.

Evans menyebut kalau El Toro Loco berwarna oranye yang dia bawa ke IIMS 2018 ini hanyalah satu di antara beberapa monster truck yang dia miliki. Beberapa di antaranya dia beri warna kuning dan hitam dengan spesifikasi yang berbeda.

Saat disinggung biaya untuk membangun sebuah El Toro Loco, Evans mengaku sudah menghabiskan 225 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp 3,1 miliar dan dibantu oleh istri serta satu orang anak laki-lakinya.

Sayangnya pengunjung harus bersabar diri, karena tidak ada atraksi yang dilakukan oleh monster truck yang di parkir di belakang area test drive ini alias hanya dipajang. Namun kabar baiknya, gelaran seperti Monster Jam akan dihelat tahun depan dengan menghadirkan El Toro Loco. (E-002/BBS)***