2 Rumah Dilalap si Jago Merah

16

Satu dari dua bangunan rumah dan sebagian besar harta benda milik warga di kampung Cijengkol, Wangunsari Lembang, kabupaten Bandung Barat, ludes dilahap api. Beruntung, semua penghuni rumah bisa terselamatkan.

Sekitar pukul setengah lima Rabu sore, warga kampung Cijengkol, RT 02 RW 05, desa Wangunsari kecamatan Lembang kabupaten Bandung Barat, digegerkan kebakaran yang melahap dua bangunan rumah. Besarnya kobaran api mengakibatkan satu bangunan rumah tak terselamatkan.

Seperti yang terekam melalui video amatir warga. Warga yang mengetahui kejadian tersebut berhamburan memberikan pertolongan.

Namun, tenaga puluhan warga yang kesulitan menuju  akses air, tidak sebanding dengan besarnya api yang melahap bangunan rumah dan seisinya. Sedangkan pemadam kebakaran kabupaten Bandung Barat terlambat datang, akibat padatnya jalan menuju lokasi.

Kepala desa Wangunsari menduga, kebakaran bersumber dari tungku di belakang rumah. Rentannya kondisi bangunan semi permanen tersebut, membuat api dengan cepat menjalar, dan mengakibatkan kerugian materi setidaknya 500 juta rupiah.

Salah satu korban mengatakan, sebagian harta bendanya selamat, namun perlengkapan rumah tangga dan uang tunai 18 juta rupiah ludes dilahap si jago merah. Ia mengaku terpaksa tinggal di kediaman anaknya untuk sementara.

Sampai Rabu malam, warga  dibantu kepolisan masih gotong royong mencari barang-barang korban yang bisa diselamatkan.

Sedangkan petugas Damkar kabupaten Bandung Barat terus memastikan kondisi bekas kebakaran, dengan melakukan pendinginan agar tidak ada pemicu api susulan. Beruntung, kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa.

Algi muhammad Gifari, Bandung TV.