Mencegah Karat Mobil

27

Karat atau korosi pada bodi mobil, ibarat sebuah mimpi buruk atau ancaman buat pemiliknya, karena karat bisa memakan bodi mobil sedikit demi sedikit hingga akhirnya keropos dan rapuh.

Terjadinya karat sendiri merupakan sebuah proses alamiah dan tak bisa dihilangkan, yang mungkin bisa dilakukan adalah mencegah proses terjadinya karat tersebut pada bodi mobil.

Karat muncul disebabkan permukaan besi atau bagian yang mengandung unsur logam bersentuhan langsung dengan air yang mengandung asam sehingga mengalami proses oksidasi oleh udara.

Semakin dibiarkan air dan kotoran menempel pada besi semakin banyak pula zat asam bereaksi terhadap besi yang menjadikan karat.

Untuk mobil baru, sistem perlindungan anti karat wajib diberikan karena karat merupakan musuh utama dari besi yang merupakan bahan baku dari mobil. Saat terkena air dan air tersebut tidak langsung kering maka dapat dipastikan akan menjadi penyebab karat mobil.

Seperti saat musim hujan mobil akan lebih beresiko untuk karatan. Hal ini karena air hujan memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga mudah membuat mobil berkarat.

Mobil baru yang dibeli dari diler sesungguhnya tidak terbebas dari karat, khususnya bagian kolong mobil. Padahal sebelum dijual ke konsumen, baik sasis maupun body mobil sudah dilapisi anti karat pada tahap perakitan mobil di pabriknya.

Seperti dijelaskan Alphany Septan, Marketing Communication PT Terang Parts Indonesia (Protera) dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Karat mobil yang muncul khususnya di kolong mobil dapat timbul karena benturan kerikil atau batu pada permukaan kolong mobil, sehingga menyebabkan ‘luka’ yang terbuka dan akibatnya lama kelamaan terjadi karat.

“Banyak luka di kolong mobil yang kalau didiamkan justru jadi karat, hal itu bisa menular juga sebenarnya, pas lukanya itu terbuka,¬† air masuk tuh dan dari situ¬† nyebar dan bikin karat ,” jelas Alphany.

Mobil-mobil yang terparkir di diler justru berpotensi memiliki karat yang berlebih di kolongnya. Hal ini disebabkan karena mobil tersebut biasanya terparkir pada lahan yang terbuka, sehingga panas matahari maupun air hujan terus menerus menyentuh permukaan mobil. Penyebab karat lama kelamaan menempel dan mengikis cat akhirnya menjadi karat.

Meski begitu, menurutnya sudah banyak masyarakat yang memahami persoalan tersebut, sehingga memilih untuk melapisi mobil kesayangannya dengan cairan anti karat yang banyak disediakan di pasaran untuk memberikan proteksi yang lebih.

Urusan biaya, pelapisan anti karat besutan Protera dibanderol mulai dari Rp 2-3 juta tergantung ukuran mobil dan kesulitan. Sedangkan lama pengerjaan memakan waktu 3-4 jam untuk mobil baru.

2 hari untuk mobil yang sudah dipakai karena harus merontokkan karatnya terlebih dahulu dengan cairan khusus sebelum disemprot dengan anti karat. Apabila sudah dilapisi anti karat, tidak ada perlakuan khusus untuk menjaga anti karat agar tetap awet.

(E-002)***