Tips Ikut Balap Drag Bike

110

Kendati balap drag tampak mudah karena hanya memacu motor dalam trek lurus, tapi bukan berarti tanpa strategi dan keahlian khusus. Apalagi yang ditunggangi motor besar (moge)  dengan bobot yang tentu jauh lebih berat dari motor biasanya.

Salah satunya ketika Anda tertarik ikut  ajang Indonesia Big Bike Drag Race Championship (IBBDRC)menurut Jusri Pulubuhu, Chief Instructor dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), ada tahapan yang harus dilalui oleh para racers. Mulai dari persiapan motor dan persiapan racers sendiri sebelum menghadapi balapan.

“Pastikan Anda bersama tim mekanik yang berkualitas, yang tidak berdasarkan coba-coba. Semua pekerjaan dari mesin, pengapian, suplai bahan bakar, rangkaian powertrain, ban dan aerodinamis motor harus menjadi bagian yang harus direview hingga dimodif oleh tim mekanik Anda,” paparnya.

Lanjutnya, semua rangkaian tadi harus dihitung dengan tepat agar saat berada didepan garis start motor benar-benar siap untuk dipacu.

Menyoroti kesiapan racer, Jusri menegaskan secara fisik, karena sport ini tidak terlalu menguras tenaga, maka tidur yang cukup dan berkualitas 2-3 hari sebelum event akan memberikan manfaat pada kemampuan persepsi dan reaksi.

“Hindari untuk mengkonsumsi alkohol minimal 2×24 jam pre-event, karena hal ini akan mempengaruhi fisik Anda saat mengendarai sepeda motor saat race. Jelas sangat tidak disarankan bagi pengendara baik naik motor biasa atau race sebelumnya meminum alkohol,” ujar Jusri.

Untuk ketepatan dan kecepatan reaksi sebaiknya lakukan latihan start dan gear shifting yang tepat dan cepat.

Dengan latihan, maka over rev pada rpm akan terhindar. Saat event atau pre-start lakukan latihan yang sempurna dan motor yang powerful akan percuma jika mental kita mengalami disturbed.

Selain itu ketenangan merupakan pangkal kesuksesan. Oleh karena itu, hindari segala hal yang memicu ketegangan, lengkapi dirimu dengan memutar musik atau sibukan diri dengan bersenda gurau dengan tim.

“Namun demikian pastikan seluruh tim Anda sudah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya,” jelas Jusri. (E-002/BBS)***