Situ Cisamping Batukaras Alternatif Lain Setelah Green Canyon dan Pantai Pangandaran

40

Wisatawan yang datang ke Pangandaran dan berkunjung ke  Batukaras , sangat sayang bila tidak mengunjungi  Situ Cisamping dengan panorama dan  pesonanya.

Situ Cisamping di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, pesona alamnya begitu asri. Dengan air danau yang bening dan rimbun pepohonan memanjakan mata para pengunjung yang datang melepas kepenatan.

Suasana alam yang sejuk, makin sempurna dengan semilir angin dan suara burung liar. Suasana yang pas untuk refreshing setelah bergelut dengan rutinitas dan kesibukan pekerjaan.

Selain kesejukan dan keindahannya, Situ Cisamping memiliki sejumlah kisah unik. Menurut cerita masyarakat sekitar, situ ini tidak pernah kering walau musim kemarau panjang tengah melanda.

Selain itu terdapat cerita turun-temurun tentang Situ (danau) Cisamping, konon katanya, dipercaya merupakan salah satu bekas perjalanan seorang tokoh masa lalu bernama Dalem Sembah Agung.

Perjalanan tersebut dia lakukan untuk mencari putranya yang masih bayi. Sang putra bernama Rangga Carita yang lebih dikenal dengan nama Sulton Muradi.Konon di danau inilah, Dalem Sembah Agung menemukan samping (kain) anaknya yang hilang dari ayunan . Sebab itu ini disebut Situ Cisamping.

Bahkan dalam cerita turun-temurun itu pula, salah satu mata air  situ  disebutkan sebagai tempat mandi para bidadari yang turun dari khayangan.

Terlepas dari berbagai cerita di Situ Cisamping ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pelancong di tempat ini yaitu:

  • Berperahu menggunakan bebek goes mengelilingi situ
  • Menikmati Keindahan Alam sekitar Situ Cisamping
  • Melihat keseharian penduduk disekitar Situ cisamping
  • Berenang di Situ Cisamping
  • Camping
  • Jalan-jalan disekitar Situ

Fasilitas yang ada  :

  • Rest Area
  • Kamar Mandi
  • Dapur Umum.
  • Mushola
  • Perahu Goes

Wisatawan yang datang ke Pangandaran terutama ke destinasi wisata Batukaras dan mengunjungi  Situ Cisamping dengan pesona alamnya begitu asri,  air danaunya yang bening dan rimbun pepohonan memanjakan mata para pengunjung yang datang melepas kepenatan.

Bagi pengunjung yang akan lesehan ditepi danau, juga sudah tersedia sewaan tikar dengan tarif Rp 10.000.Para pengunjung juga ditawarkan menikmati fasilitas sepeda air fiberglass angsa dengan tarif Rp 10.000/jam.

Selain itu pengunjung juga dapat berenang di air dangkal dengan menyewa life jaket  Rp 5.000/jam.

Sebelum dilakukan pembenahan oleh Pemkab Pangandaran, kawasan situ sempat di telantarkan,namun sejak pertengahan tahun lalu kawasan ini terus dibenahi.Saat ini sudah mulai terlihat pesonanya.

Dengan pembenahan kawasan ini , berwisata ke wilayah kabupaten Pangandaran tidak hanya terkonsentrasi di kawasan pantai Pangandaran serta Green canyon saja namun mereka bisa melihat pesona alam lainnya di wilayah kabupaten Pangandaran. (E-001) ***