Ketahui Penyebab Masalah pada Alarm Mobil

93

Atas nama keamanan, hampir semua mobil baru yang beredar sekarang sudah dibekali dengan fitur alarm sebagai standar.

Buat mobil yang dasarnya masih belum memiliki alarm, saat ini juga sudah banyak  alarm aftermarket yang bisa ditemui di pasaran.

Pada sebuah mobil, alarm menjadi salah satu bagian yang sering bekerja. Sebab  itu, fitur ini cukup rentan terkena masalah, terlebih jika penggunananya cukup ceroboh dalam pemakaiannya.

Selain karena faktor ceroboh, masih ada hal lain yang dapat membuat alarm mobil jadi bermasalah hingga rusak. Umumnya, alarm mobil bermasalah karena baterainya sudah lemah. Kalau bukan karena baterai, bisa jadi modul alarmnya yang bermasalah.

  1. Anda Berada di daerah frekuensi kotor

Penyebab yang pertama mungkin akan anda rasakan pada saat tertentu yang tidak kita prediksi.

Terkait frekuensi radio ketika kita berada di daerah yang memiliki gelombang radio yang cukup padat atau bisa dikatakan kotor maka komunikasi antara kunci dan receiver akan terganggu.

Sehingga akan menimbulkan error pada sistem remote key, namun hal ini tidak bermasalah karena sistem remote akan kembali normal ketika kita beralih ke tempat lain.

  1. Baterai kunci habis

Ini yang paling banyak dialami. Gejala awalnya, remote akan sedikit susah saat dipakai namun remote akan berfungsi saat kita tekan tombol terus menerus. Dan error ini juga terbilang jarang terjadi. Namun saat baterai kunci benar-benar kosong, maka remote akan sama sekali tidak berfungsi.

  1. Kerusakan pada rangkaian pemancar (transponder)

Penyebab terakhir memang yang paling menakutkan. Jika rangkaian pemancar didalam kunci rusak maka frekuensi yang dihasilkan bisa tidak sama seperti biasanya atau bahkan tidak mengirimkan frekuensi sama sekali. Sehingga meski ratusan kali kita menekan tombol kunci, receiver tidak menerima gelombang dari kunci.

Untuk mengatasinya, jika alarm mobil bermasalah karena baterai, maka baterainya harus diganti. Begitu pun jika masalahnya terletak pada modul alarm. Anda harus mengganti modulnya jika komponen ini bermasalah.

Seandainya masalahnya bukan terletak pada baterai atau modulnya, besar kemungkinan kerusakannya disebabkan karena sistem kelistrikan. Jika hal ini yang terjadi, kita harus membawanya ke tempat instalasi alarm untuk memperbaikinya. (E-002)***