Daya Tarik Goa Sutra Reregan Ditemukan Benda Purbakala dan Mata Air

123

Masih di wilayah Kabupaten Pangandaran selain terdapat dua destinasi yang sudah populer, yakni pantai Pangandaran dan Green Canyon.

Ada salah satu  destinasi wisata alam yang patut dikunjungi. Destinasi ini merupakan  goa yang berada di wilayah Desa Selasari,Kecamatan Parigi,Kabupaten Pangandaran.

Dari pusat pemerintahan Kabupaten Pangandaran bisa ditempuh dengan satu jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat dengan aksebilitas cukup baik.

Daya tarik utama goa ini adalah  stalaktit dan stalagnit yang masih alami,selain itu panorama dalam gua pun sangat mempesona. Pengelolaan goa ini dilakukan oleh masyarakat setempat.

Para pelancong datang, tidak sebatas dari wilayah Pangandaran , banyak juga yang datang dari daerah lain  .  Semula keberadaan gua ini diketahui selain dari mulut kemulut,juga dari sosial media.

Fasilitas penunjang wisata sudah cukup lengkap , tempat parkir,sarana untuk makan dan minum serta tempat ibadah.Selain itu pengelola menyediakan pemandu serta senter untuk para pelancong yang memasuki gua.

Kreatifitas pengelola patut di acungi jempol, mereka membuat perahu dari bambu untuk tempat selfie, rumah pohon unik, selter tempat selfie dengan background hutan tutupan Selasari.

Spot spot cantik ini sangat disukai oleh para pelancong terutama para penyuka swafoto,untuk kemudian dipublikasikan di akun sosial media mereka.

Obyek lainnya  adalah Goa Sutra Reregan yang di dalamnya terdapat sumber mata air bawah tanah yang digunakan warga sekitanya baik untuk mengairi sawah atau keperluan rumah tangga.

Goa ini merupakan habitat sejumlah hewan, seperti  kelelawar, sidat, ikan air tawar dan  burung walet.Bahkan beberapa waktu lalu ditemukan benda-benda purbakala, benda  tesebut l ditemukan oleh tim dari balai konservasi budaya.

Pihak pengelola memiliki tujuan agar pelancong yang datang bukan hanya melihat keindahan alam semata,namun mereka bisa belajar tentang pentingnya kawasan karst bagi kehidupan.Perlu diketahui Goa Sutra Reregan merupakan kawasan karst penting di selatan Jawa yang sangat penting artinya bagi kehidupan masyarakat sekitar.

Didalam kawasan karst kita bisa memanfaatkan keanekaragaman hayati sekaligus menggunakannya untuk menunjang kehidupan.Bentuk konkrit dari pemanfaatan ini ialah sumber mata air dari goa dimanfaatkan masyarakat untuk berbargai keperluan. (E-001) ***