Menikmati River Tubing Green Santirah Memasuki Lorong Goa Karst dan Air Terjun

104

River Tubing Santirah begitulah kelompok Karang Taruna Desa Selasari menyebutnya. Atraksi wisata di tempat ini dilakukan di Sungai Santirah,sebuah ekosistem karst yang berada di antara tebing tinggi , lorong – lorong goa serta aliran air jeram yang deras.

Untuk mencapai lokasi dari pusat pemerintahan Kabupaten Pangandaran bisa di tempuh  menggunakan kendaraan roda empat selama satu jam perjalanan.

Untuk melakukan river tubing, kita harus di temani pemandu professional , pihak pengelola sudah  menyediakannya lengkap dengan pelampung dan ban untuk sarana kita mengapung di atas air sungai.

Wisata Santirah River Tubing memang masih tergolong objek wisata yang baru dibandingkan dengan terdahulunya, di Green Canyon dan Citumang, tetapi wisata Santirah River Tubing memiliki keunggulan yang tak dapat ditemui di dua objek wisata itu.Green Canyon dan Citumang jelas memiliki sungai yang cukup lebar dan riam air yang cukup tenang.

Sungai di Santirah hanya memiliki lebar sekitar 1,5 meter yang dihimpit oleh tebing-tebing menjulang tinggi. Hal tersebut membuat Santirah River Tubing seperti sebuah wisata arung jeram di sungai-sungai dengan riam air yang deras. Bagi para pecandu adrenalin hal ini jelas sangat menantang dan membuat mereka ingin mencobanya.

Selama pengarungannya tidak hanya menikmati jernihnya air sungai, melainkan melintasi tebing dan batuan karst, melewati 4 lorong goa karst bentukan alam dan sederet curug atau air terjun yang unik dan indah, seiring berpacunya adrenalin menembus riam dan jeram yang menantang.

Santirah River Tubing yang panjangnya sekitar 1,5 KM ini memang unik dan menarik. Kami tidak  hanya duduk di atas ban dan mengikuti aliran sungai saja. Namun, sepanjang river tubing di sungai ini, saya juga  melewati 4 goa alam dan 5 air terjun.

Goa yang  dilewati adalah Goa Gendang, Goa Panjang Santirah, Goa Lengkop dan Goa Cukang Taneuh. Sementara itu air terjun yang  dilewati adalah Air Terjun Tirai, Air Terjun Batu Munding, Air Terjun Curug Kembar, Air Terjun Curug Mini dan Air Terjun Curug Tiga.

Goa yang paling menarik adalah goa pertama yang saya lewati yakni Goa Panjang Santirah. Sementara air terjun yang paling keren adalah Curug Kembar dan Curug Tiga.

Memang benar kalau Goa Panjang Santirah adalah yang paling menarik. Karena kita bisa menikmati stalaktit yang menarik dan melewati kegelapan sambil mengapung di atas ban karet.

Aktivitas ini termasuk kedalam kegiatan yang menantang bahaya,oleh karena itu dalam melakukan aktivitas tersebut ada beberapa hal yang harus di taati oleh pelancong,terutama tentang prosedur keselamatan.

Biasanya para pelancong harus sehat jasmani dan rohani selain itu tidak sedang dalam keadaan sakit.Tahap selanjutnya ialah memakai perlengkapan sesuai prosedur keselamatan,perlengkapan ini telah disediakan oleh pihak pengelola.

Sebelum melakukan pengarungan instruktur akan mengajak semua peserta pengarungan untuk melakukan pemanasan dan peregangan, hal ini dilakukan untuk meminimalkan resiko cidera pada anggota tubuh kita.

Dengan kontur sungai yang sangat unik, pengarungan bisa memakan waktu antara satu hingga dua jam. (E-00!) ***