Satgas Citarum Harum Semen Saluran Pembuangan Limbah

72

Meski sudah beberapa kali diperingatkan sektor 21 satgas Citarum harum, sejumlah pabrik di jalan industri kota Cimahi, membandel dan tidak mengindahkan peringatan petugas.

Alhasil, Senin siang, tim gabungan sektor 21 satgas citarum harum, mendapati pabrik yang masih membuang limbah. Satgas Citarum harum pun memberi peringatan keras, dengan menembok lubang pembuangan.

Upaya petugas tni yang tergabung dalam sektor 21 satgas Citarum harum, memperingatkan berkali-kali pemilik perusahaan dan pabrik yang membuang limbah ke aliran sungai di kawasan industri, kota Cimahi, tidak diindahkan beberapa pabrik.

Salah satunya, industei tekstil PT Panjaya, yang kedapatan petugas masih membuang limbah ke dalam aliran sungai.

Padahal, tim satgas citarum harum telah berulang kali memperingatkan untuk tidak membuang limbah ke dalam aliran sungai. Terlebih, limbah tersebut masih berwarna pekat dan mengeluarkan bau.

Tak ayal, Sabtu siang, sektor 21 satgas Citarum harum terpaksa menembok lubang pembuangan limbah milik PT Panjaya.

Dan sektor 21 satgas Citarum Harum, Kol Infanteri Yusep mengungkapkan, sebelumnya pihaknya telah memperingatkan dan melapor ke Dinas Lingkungan Hidup. Namun, tidak dinindahkan pihak perusahaan.

Petugas kelurahan utama yang melihat kondisi pembuangan limbah, mengapresiasi lagkah para petugas satgas Citarum Harum. Menurut Plt lurah utama, Rati Jubaedah,  permasalahan limbah tidak terlepas dari peran dan kepedulian masyarakat.

Selain PT Panjay, petugas sektor 21 satgas Citarum harum akan melanjutkan inspeksi ke sejumlah titik di kawasan industri. Jika ditemukan pabrik yang masih membuang limbah sebarangan, pembuangan limbahnya akan ditembok.

Algi Muhammad Gifari, Bandung TV.