Ratusan Orang Ngabuburit Bersihkan Sampah

9

Puasa ternyata tak menyurutkan semangat ratusan warga bersama anggota polres cimahi dan kodim nol enam nol sembilan kabupaten bandung, untuk membersihkan aliran sungai citarum, di padalarang, kabupaten bandung barat. 

Kegiatan tersebut merupakan bentuk keinginan melihat aliran sungai citarum menjadi bersih, dan bebas dari segala jenis sampah.

Kondisi aliran sungai citarum di padalarang, dipenuhi eceng gondok dan sampah-sampah plastik. Menyikapinya, 7 ratus warga beserta polisi serta tni, dibekali kantong kresek, turun ke sungai untuk membersihkan dan meminimalisasi sampah serta eceng gondok, yang memenuhi aliran sungai citarum, yang masuk ke waduk saguling.

Setelah dikumpulkan, sampah dan eceng gondok tersebut pun dinaikkan ke atas truk yang telah disediakan, untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah.

Kapolres cimahi menjelaskan, pihaknya bersama tni, pemkab bandung barat, serta elemen masyarakat lainnya, berupaya meminimalisasi eceng gondok dan sampah yang menyebar di aliran sungai citarum serta waduk saguling, dalam rangka menyukseskan program citarum harum.

Pencemaran sungai citarum bukan lagi menjadi masalah nasional melainkan internasional. Saat ini, pemerintah pusat lebih fokus dengan penanganan sungai citarum, apalagi setelah keluarnya peraturan presiden.

Algi muhammad gifari, bandung tv.