Uniknya Puncak Pagerbatu Di Kota Banjar Priangan Timur

106

Dengan luas wilayah kurang lebih 113,49 km², kondisi geografis Kota Banjar cukup beragam. Di bagian utara, selatan dan barat wilayah Kota Banjar lebih didominasi oleh perbukitan. Sementara pada bagian tengahnya dilalui  Sungai Citanduy dan kawasan pertanian yang banyak terletak di pinggiran kota.

Dengan wilayah yang tidak begitu luas , hanya 4 wilayah kecamatan saja, Kota Banjar menyuguhkan ragam destinasi wisata eksotis yang akan membuat momen liburan di kota ini  berkesan.Sama halnya dengan wilayah lainnya di Indonesia, Kota Banjar menyimpan potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Beberapa tempat wisata di Kota Banjar bisa menjadi destinasi wisata pilihan yang menarik untuk disambangi saat liburan.Eksotisme alam di kota nan asri ini menawarkan sebuah perjalanan wisata yang menenangkan dengan spot-spot cantik di dalamnya.

Terlepas dari itu semua Kota Banjar sekarang memang  berkembang pesat, perkembangan ini sangat terasa dalam bidang pariwisata.Kota Banjar masih memiliki hutan atau kawasan hutan yang berada pada ketinggian antara 100-500 meter diatas permukaan laut.

Di antaranya wilayah Kecamatan Pataruman yang memiliki dataran lebih tinggi dari kecamatan lainnya dan juga memiliki lahan hijau yang masih luas.Di tempat inilah terdapat sebuah destinasi wisata yang menonjolkan keindahan alam,destinasi wisata ini dinamakan Puncak Pagerbatu.

Berada di Dusun Pagerbatu RT 21 RW 07 Desa Batulawang  Kecamatan Pataruman Kota Banjar. Letaknya sekitar 8 kilometer tenggara Kota Banjar bisa melalui jalur Jalan Raya Banjar-Pangandaran.

Puncak Pager Batu Lawang, saat ini menjadi salah satu destinasi wisata baru yang lagi nge-hits di Banjar. Pengunjung yang datang ke Puncak Pagerbatu ini dikenakan tarif Rp 2000  untuk parkir kendaraan bermotor.

Parkir di pinggir jalan dan  dari tempat parkir, kita harus jalan kaki sekitar 600 meter menuju Puncak Pagerbatu.Spot menarik di atas ketinggian Puncak Pagerbatu berupa tangga dan tulisan I love you. Spot ini menjadi favorit para pelancong untuk berswafoto.

Dari atas ketinggian para pelancong bisa melihat pemandangan alam cantik mempesona.Sepanjang mata memandang kita disuguhi berbagai konfigurasi alam menakjubkan,baik itu dataran rendah,pegunungan hingga hamparan perkebunan.

Para pelancong selain datang dari kawasan sekitar, dan para pelancong dari luar daerah yang umumnya datang pada akhir pekan,hal ini tentu saja berkat teknologi internet serta sosial media yang mempromosikannya.

Pengelolaan tempat wisata ini dilakukan oleh pemerintah desa setempat, rencana ke depan , pihak pengelola akan menambah berbagai fasilitas wisata yang ada,seperti flying fox,jungle trek,wall climbing,café serta taman tematik.

Pihak pengelola optimis bila sudah berhasil membangun berbagai fasilitas tambahan ini, angka kunjungan pelancong akan semakin naik,sehingga destinasi ini bisa menjadi alternatif tujuan wisata para pelancong ke kawasan Priangan Timur.  (E-001) ***