Buaya Di Sungai Citarum Gegerkan Warga

94

Buaya yang sempat gegerkan warga di sungai cisangkuy baleendah beberapa waktu lalu, kembali muncul di permukaan.

Kini, buaya yang diperkirakan belum berumur satu tahun tersebut, muncul di permukaan sungai citarum, tak jauh dari lokasi awal kemunculannya.

Petugas gabungan dari bbksda jawa barat, kebun binatang bandung, dan sejumlah relawan, berusaha menangkap buaya tersebut.

Seekor buaya berukuran satu meter lebih, muncul di permukaan aliran sungai citarum, di kelurahan andir, kecamatan baleendah, kabupaten bandung. Sebelumnya, buaya ini muncul dan meresahkan warga di aliran sungai cisangkuy, kampung rencong, desa malakasari, kecamatan baleendah.

Reptil buas ini kembali muncul ke permukaan sungai sejak jumat siang. Warga setempat pun resah dengan keberadaan buaya tersebut, mengingat mereka kerap beraktivitas di aliran sungai terpanjang di jawa barat tersebut.

Sejak sabtu pagi, petugas gabungan dari balai besar konservasi sumber daya alam atau bbksda provinsi jawa barat, kebun binatang bandung, dan sejumlah relawan, berupaya menangkap buaya muara tersebut, dengan menggunakan media ayam sebagai alat pancing.

Dirasa tidak akan berhasil, petugas pun memutuskan turun langsung ke aliran sungai dengan menggunakan perahu karet, berbekal peralatan seadanya. Namun, sebelum petugas mendekati posisinya, buaya tersebut langsung kembali masuk ke aliran sungai, dan hilang dari sorotan mata petugas.

Menurut kepala BBKSDA JABAR, Sustyo Iriyono, pihaknya tengah menunggu bantuan dari pihak taman safari cisarua bogor, yang memiliki peralatan lebih lengkap. Pihaknya juga memprediksi, buaya muara tersebut dipelihara seseorang, namun terlepas saat bencana banjir beberapa bulan lalu.

Hingga kini, petugas gabungan belum bisa menangkap buaya tersebut. Petugas gabungan berencana mendirikan posko untuk memantau pergerakan buaya tersebut, selama seminggu, atau sampai reptil berbahaya tersebut ditangkap.

Rezytia prasaja, bandung tv.