900-an Surat Suara PILGUB Jabar Tak Dapat Digunakan

11

Ratusan surat suara untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur jawa barat tidak dapat digunakan.

Kerusakan pada ratusan surat suara tersebut umumnya karena sobek dan ada noda. Kpu pun akan melaporkan dan mengirimkan surat suara yang rusak, untuk digantikan dengan yang baru.

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara terus berlasngung hingga saat ini. Seperti yang dilakukan komisi pemilihan umum sumedang, yang dibantu para pegawai lepas.

Selama lima hari, pekerja lepas kpu telah melipat delapan ratus lima puluh satu ribu, seratus satu surat suara. Sembilan ratus tujuh puluh empat surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur tidak dapat digunakan, karena rusak. Kerusakan umumnya berupa sobek, dan ada noda pada surat suara.

Seperti yang diungkapkan kepala bagian umum kpu sumedang, iwan hermawan. Tak kurang sembilan ratus tujuh puluh empat surat suara rusak. Kerusakan akan dilaporkan kepada kpu jabar, dan dikirimkan ke pihak percetakan.

Saat ini, petugas tengah melipat dan menyortir surat suara untuk pemilihan bupati dan wakil bupati. Targetnya, pelipatan dapat diselesaikan selama lima hari, seperti saat surat suara untuk pilgub.

Diki Guntara, Bandung TV.