Buah Blewah Sajian Khas Bulan Puasa Memiliki Aneka Nutrisi dan Gizi

50

Saat bulan puasa Ramadan, penjualan blewah dan timun suri meningkat karena seolah menjadi  tradisi  untuk menyediakan minuman buah segar di saat berbuka puasa, yang salah satu di antaranya buah blewah.

Manfaat buah blewah selain untuk bahan minuman berbuka puasa pada bulan Ramadan, ternyata nutrisi dan gizinya cukup baik untuk kesehatan tubuh.

Buah yang dagingnya berwarna oranye dengan bentuk luar yang mirip labu ini, mempunyai nama latin  cucumis melo var cantalupensis.Blewah serumpun dengan melon, walau berbeda dalam budidayanya.

Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.

Buah blewah atau bisa juga disebut cantaloupe, mempunyai beragam nutrisi, gizi, serta digadang-gadang baik untuk yang menjalankan diet rendah kalori.

Beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada buah blewah antara lain sumber serat, zat antioksidan, zat beta karoten, potasium, magnesium, sumber vitamin A, vitamin B dan sumber vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Manfaat buah blewah :

  1. Baik untuk kesehatan kulit

Biasanya buah-buahan yang berwarna oranye seperti wortel, ubi jalar, labu dan tentu saja blewah, merupakan sumber karotenoid (pigmen organik tumbuhan) tinggi yang bisa mengurangi risiko kanker kulit.Karotenoid juga berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan kerusakan yang terkait dengan sengatan matahari.

Pigmen karotenoid juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis-garis halus, perubahan warna, dan keriput. Jadi dengan makan buah blewah secara rutin, dapat menjadikan wajah dan kulit tetap awet muda.

  1. Melancarkan pencernaan

Buah blewah  sangat menghidrasi tubuh karena kandungan airnya yang melimpah. Blewah cukup baik bagi pencernaan karena bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh, membuang racun, dan membantu usus mencerna makanan dengan baik.

Setelah itu, manfaat buah blewah juga dapat membantu zat karbohidrat yang sulit dicerna, yang bisa memicu gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan gangguan pencernaan lainnya

  1. Rendah kalori dan baik untuk asupan diet

Pada kandungan 100 gram buah blewah, nyatanya hanya mengandung hanya 60 kalori.  Sedangkan kandungan air dan nutrisi pada manfaat blewah bagus untuk menurunkan bobot tubuh Anda. Karena buah blewah memiliki kepadatan tekstur daging dan mengandung nutrisi penting lainnya.

Lalu ketika Anda ingin melakukan diet rendah kalori, buah blewah bisa menjadi pilihan tepat jika ditakar dengan jumlah kalorinya yang rendah namun manfaat kesehatannya tinggi secara keseluruhan.

Karena biasanya untuk mereka yang sedang mengikuti diet rendah kalori, terkadang dapat mengalami kekurangan nutrisi, menyebabkan siklus pencernaan yang buruk, kekebalan tubuh rendah, serta tubuh jadi gampang lemah.

Dengan makan atau menambahkan buah blewah ke makanan, diharapkan dapat membantu menyeimbangkan risiko tersebut dan memastikan tubuh memperoleh banyak vitamin dan mineral dalam proses menurunkan berat badan.

  1. Mencegah kanker

Seperti yang telah disinggung di atas, buah blewah mengandung sumber antioksidan yang banyak seperti flavonoid seperti beta karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin.

Para zat antioksidan tersebut, berperan melindungi tubuh serta sel dan struktur tubuh lainnya dari kerusakan tekanan DNA. Banyak penelitian yang juga telah menunjukkan bahwa buah blewah bermanfaat untuk mencegah kanker pada seluruh bagian tubuh karena kandungan antioksidannya.

Tips memilih buah blewah.

  1. Pilih blewah yang beraroma harum

Biasanya, buah yang sudah matang akan mengeluarkan aroma alami yang khas. Jika anda akan membeli blewah, anda bisa mencoba mengendus bagian pangkal blewah.

  1. Pilih blewah yang berwarna kuning kehijauan

Selanjutnya, anda bisa memperhatikan warna blewah. Buah blewah yang sudah matang biasanya memiliki warna kuning tua dengan bercak kehijauan.

  1. Pilih blewah yang kulitnya mulus

Anda memang tidak bisa melihat isi buah blewah secara langsung untuk bisa mengetahui kualitasnya. Tapi anda bisa menebak kualitas blewah dari kulit luarnya. Blewah yang bagus akan memiliki permukaan kulit yang mulus tanpa cacat.

  1. Hindari membeli blewah yang lunak

Meskipun sudah matang, tapi blewah tetap memiliki tekstur yang padat. Untuk memastikan tingkat kematangan buah blewah, anda bisa coba menekan blewah dengan ujung jari.

Hindari membeli blewah yang terasa lunak saat ditekan. Hal tersebut menandakan buah blewah sudah terlalu matang atau busuk. Pilih blewah yang lembut namun tetap keras/kokoh saat ditekan.

  1. Simpan blewah dalam keadaan utuh

Buah-buah terkenal memiliki masa pakai yang sebentar karena cepat membusuk, termasuk blewah. Jika anda membeli blewah dan tidak akan langsung menggunakannya, maka sebaiknya anda menyimpan blewah tersebut dalam keadaan utuh.

Hindari menyimpan blewah yang sudah dikupas apalagi dipotong-potong karena hal tersebut akan mengurangi kesegaran blewah, dan rasa blewah pun akan menjadi sedikit berbeda.( E-001) ***