Mengendarai Motor Trail yang Benar

103

DARI berbagai jenis sepeda motor yang ada, boleh dibilang trail merupakan jenis motor yang paling sulit untuk dikendarai. Salah satu penyebabnya karena motor jenis ini memiliki jarak pijak ke tanah yang cukup jauh, sehingga tidak semua orang bisa menapak tanah secara sempurna dengan kedua kakinya.

Oleh karena itu, ada teknik khusus untuk bisa mengendarai motor trail dengan benar, sehingga keseimbangan kita bisa tetap terjaga dengan baik saat mengendarai motor ‘berkaki jenjang’ ini.

Jika kita mengendarai motor trail sendirian, maka pastikan posisi duduk kita berada di bagian tengah. Ini dikarenakan titik berat pada motor trail ada di bagian tersebut. Kalau kita duduk di posisi yang benar,  keseimbangan kita  jadi lebih terjaga.

Saat kita berhenti di manapun, maka hanya satu kaki saja yang boleh diturunkan untuk memijak aspal, dan satunya lagi tetap berada di pijakan kaki. Ini  perlu dilakukan demi menjaga keseimbangan.

Lantas, kalau kita melewati jalan berbatu atau jalan yang permukaannya tidak mulus,  disarankan untuk mengendarainya sembari berdiri, bukan tetap duduk seperti yang dilakukan saat kita mengendarai sepeda motor jenis lain.

Teknik tersebut perlu dilakukan karena saat melewati jalan yang tidak mulus dengan motor trail, maka titik berat dari motor ini juga ada di kaki kita. Jika kita tetap duduk saja, maka badan kita akan terombang-ambing, yang pastinya membuat kita jadi tidak nyaman. (E-002/BBS)***