Bermodal Medsos sebagai Pemasar Pertama

57

TERNYATA tidak sedikit orang yang sudah mempunyai produk namun bingung untuk memasarkannya. Bahkan zaman sebelum akses internet semudah sekarang, jasa pemasar yang terbilang menghabiskan banyak biaya dan membutuhkan waktu yang lama.

Pemasaran atau yang kita kenal marketing adalah suatu proses mengkomunikasikan, menyampaikan guna mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan atau masyarakat umum. Secara simplenya, pemasaran adalah suatu proses atau cara untuk memnyampaikan dan menginformasikan keberadaan suatu produk / jasa kepada masyarakat umum.

Untuk saat ini jasa pemasar bisa kita kerjakan sendiri secara langsung, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satunya adalah memanfaatkan media social. Zaman sekarang setiap orang siapa sih yang tidak memiliki media social, walaupun hanya sebatas memiliki tidak digunakan secara maksimal dari setiap fiturnya.

Dalam perjalanannya di era millennial ini media social tidak lagi sebagai alat komunikasi dan alat eksistensi diri. Ternyata banyak sekali manfaat media social dan salah satunya untuk alat pemasaran. Media social seperti dunia baru yang membuka banyak sekali peluang terutama dalam hal bisnis.

Kini apapun usahanya, apapun produk dan jasanya bisa menggunakan strategi pemasaran media social. Karena secara umum rasanya setiap orang menggunakan media social, entah sebagai media hiburan, belanja atau hanya tempat menuangkan kegelisahan hati dan pikiran. Dengan modal data uang memang tidak dikhususkan pun, kita bisa menumbuhkan bisnis.

Hampir semua media social bisa digunakan sebagai alat pemasaran, seperti Instagram dengan kemudahannya yang bisa mengunduh fot, video, tulisan, bahkan tayangan secara realtime. Selain itu juga masih banyak lagi sebagai penunjangnya seperti facebook, twitter, blog, whatapps, line dan lainnya.

Untuk anda yang masih bingung untuk menggunakan media social sebagai alat pemasar, mari ikuti langkah dibawah ini :

  1. Desai profil

Untuk menarik kepercayaan orang baru, orang jauh dan yang lebih luasnya itu buatlah profil yang jelas, akurat dan terbuka. Agar calon pembeli bisa langsung menaruh perhatian ketika pertama kali melihatnya. Tentukan dengan jelas mulai dari target pasar, konten, dan tujuan dari penggunaannya itu sendiri. Buatlah sesuatu yang patut, keren dan teteap professional agar tujuan melebarkan sayap bisnis anda dapat tercapai. Selain menopang kepercayaan calon pembeli juga untuk menarik banyak followers. Jangan lupa sematkan kata kunci bisnis anda, agar itu menjadi symbol dari bisnis anda.

  1. Kualitas visual

Karena deskripsi profile / bio itu terbatas, maka jelaskan pula menggunakan visual. Mengapa dengan visual? Orang yang menggunakan media social itu sudah terlalu jenuh dengan tulisan yang padat Panjang. Jadi carilah konten penjelas lain selain tulisan yang membuat penggunanya merasa segar dan mantap saat ditambahkan di profil anda. Seperti resolusi foto yang digunakan dan yang akan dibagikan. Dan perlu anda kuasai bahwa setiap media social memiliki standar resolusi yang berbeda.

  1. Tentukan kepribadian medsos

Kepribadian yang dimaksud adalah mulai dari karakter yang lucu, supel, ramah, professional dan lainnya. Dari sisi Bahasa menggunakan Bahasa yang bercada, santai, sederhana atau formal. Gaya bicara pun harus sopan, rendah hati, dewasa/muda/orangtua. Dan tujuannya sudah harus ditentukan seperti bisnis baju untuk anak, dewasa, orangtua, kosmetik, asesoris atau yang lainnya.

Untuk menentukan hal tersebut harus sesuai dengan perencanaan target sebelumnya. Perencanaan ini nantinya akan berpengaruh pada setiap apa yang dibagikan dan saat kita melayani calon pembeli, agar lebih professional.

  1. Sesuaikan medsos dengan postingan

Ternyata perlu diketahui, setiap medsos itu memiliki efektifitas postingannya masing-masing. Seperti misalnya di twitter itu efektif membagikan link. Instagram dan facebook itu efektif untuk membagikan foto dan video dengan ulasan singkat.

  1. Timing posting

Yang jarang orang pikirkan adalah waktu-waktu untuk setiap membagikan konten. Untuk masalah ini, dibutuhkan komitmen yang tinggi dan konsistensi yang baik. Bagikan konten sesuai dengan porsinya pada jam-jam yang strategis. Seperti membagikan foto dan video pada waktu sebelum jam istirahat kantor dan cukup satu sampai tiga saja. Karena kalaupun kebanyakan, orang bukan ingin memperhatikan dan melihat detail tapi malah sebaliknya karena terlalu banyak dan terkesan bosan dalam satu feed melihat satu postingan yang sejenis.

  1. Buat jadwal tetap

Jadwal tetap yang dimaksud adalah jadwal pasti dalam satu hari, satu munggu, satu bulan dan satu tahun. Jadwal yang dimaksud adalah jadwal personal mengenai strategi medsos. Seperti misalnya tugas harian adalah melihat komenetar, pesan, tag dan berinteraksi langsung dengan calon pembeli. Tugas mingguan seperti memeriksa hastag, menganalisa konten satu minggu sebelumnya dan mengoptimalkan kinerja dan lainnya. Tugas bulanan seperti mengadakan kuis, lomba, giveaway dan lainnya, untuk jangka lebih lama bisa membuat jadwal Analisa keseluruhan dan meriksa capaian.

  1. Selalu membuat yang bermanfaat

Misalnya selingan dalam satu minggu mengadakan konten tutorial atau konten tips dan trik yang mengacu kepada bisnis terkait.usahakan konten tersebut adalah konten yang dapat menunjang kepercayaan kepada kita. Mulai dari kepercayaan kualitas dan kepercayaan kemudahan transaksinya.

  1. Konten beragam

Maksudnya adalah agar calon pembeli tidak bosan melihat, misalnya tidak melulu foto, video dan tulisan. Tapi juga karikatur, animasi, pdf atau slide sederhana. Selain membunuh kejenuhan dari feed anda, juga membuat feed anda lebih cantik dan indah dipandang.

  1. Ikuti momen

Sesekali ulas dan bahas apa yang sedang dibicarakan oleh khalayak. Agar anda terlihat lebih up to date dan terlihat sangat peduli. Berikan sedikit opini atau saran untuk khalayak agar terlihat perusahaan anda tidak apatis terhapa apa yang terjadi.

  1. Kemudahan

Tidak sedikit orang yang maunya instan. Jangan sampai ketika calon membeli mengklik akun anda, tapi membuat buffering atau loading yang cukup lama karena konten terlalu berat dan sulit diakses, selain itu di privasi dan lama di acc. Hal-hal seperti itu terlihat sepele namun itu berakibat fatal bagi beberapa orang yang mencari kecepatan dan yang suka serba instan. Karena bisa jadi kemudahan mengakses menggiring calon pembeli untuk sering menyambangi akun medsos bisnis anda.

  1. Hindari kesemuan

Kesemuan yang dimaksud seperti semunya dalam foto profile. Sebaiknya foto profil tidak menggunakan emotikon atau logo. Sebaiknya selain menggunakan foto team perusahaan yaitu foto sesuatu yang sesuai dengan karakter bisnis anda.

Dengan beberapa cara tersebut, kita bisa memulai mengganti konten dan memanfaatkan media social lebih cerdas dan menghasilkan. Selain tanpa biaya yang mahal, melalui media social juga kita memulai memasarkan kepada orang-orang terdekat kita. Seperti keluarga, sahabat dan teman dari berbagai kalangan. (C-003/MILA)***