Balai Pengelolaan Anjungan Jawa Barat TMII, Lakukan Berbagai Promosi Obyek Wisata

18

PEMERINTAH Propinsi Jawa Barat membangun Anjungan Jawa Barat di Taman Mini Indonesia Indah untuk memperkenalkan potensi Propinsi Jawa Barat kepada seluruh masyarakat Indonesia dan manca negara sesuai dengan fungsi Taman Mini Indonesia Indah secara keseluruhan sebagai pusat pelestarian, pembinaan, pengembangan dan informasi seni, budaya dan wisata. Fungsi lainnya ialah menampung serta menyalurkan  aspirasi dan keinginan masyarakat daerah yang ada di Jakarta dan sekitarnya untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan terutama dibidang seni, budaya dan wisata.

Balai Pengelolaan Anjungan Jawa Barat di Taman Mini Indonesia Indah sebagai salah satu dari lima UPTD Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat,berfungsi untuk memperkenalkan potensi kebudayaan dan pariwisata Jawa Barat kepada seluruh masyarakat Indonesia dan manca negara sesuai dengan fungsi Taman Mini Indonesia Indah secara keseluruhan sebagai pusat informasi, pelestarian, pembinaan, dan pengembangan seni, budaya dan wisata.

Disamping fungsi-fungsi itu, Anjungan Jawa Barat juga berfungsi sebagai sarana rekreasi dan edukasi yang dapat menambah wawasan sosial, pariwisata dan seni budaya bagi masyarakat Jawa Barat sendiri, pengunjung umum serta wisatawan domestik maupun manca negara dengan tujuan untuk meningkatkan apresiasi  terhadap keanekaragaman budaya bangsa Indonesia.Dari gambaran tersebut,  kegiatan Balai Pengelolaan Anjungan Jawa Barat diharapkan dapat berperan aktif dalam menunjang visi dan misi Pemerintah Propinsi Jawa Barat. Termasuk peran serta  fihak  pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat dan pengusaha .

Seni Budaya
Kegiatan Seni Budaya terdiri dari pergelaran kesenian yang diselenggarakan pada hari  Minggu  dan  hari besar nasional) maupun pada event-event tertentu.
Pergelaran kesenian ini terbagi dalam katagori :
1. Pergelaran kesenian dari pemerintah kabupaten/kota se Jawa Barat.
2. Pelaksanaan pergelaran kesenian yang diselenggarakan dengan koordinasi Taman Mini Indonesia Indah. Pergelaran kesenian ini dengan mengacu pada jadwal Taman Mini Indonesia Indah, seperti  Lebaran,  hari ulang tahun, , pekan liburan sekolah,  Agustus, Pekan Wira Budaya dan pekan Desember.
4. Pelaksanaan pergelaran kesenian di luar program kerja yang telah ditentukan, yakni melayani permintaan dari luar seperti keperluan hiburan pada acar resepsi pernikahan, pembukaan perusahaan, acara peluncuran produk dan sebagai nya
5. Melaksanaka evaluasi berbagai pergelaran kesenian yang telah dilakukan untuk dikaji ulang, baik kuantitas maupun kualitasnya.
6. Melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kesenian Jawa Barat dalam bentuk seni tari klasik, tradisional dan kreasi maupun kesenian lainnya seperti karawitan (degung), rampak kendang dan kacapi suling.
C. Seksi Promosi dan Informasi
Pelaksanaan  pameran meliputi pameran kebudayaan dan pariwisata Jawa Barat, secara rutin pameran ini ditayangkan melalui :
1. Pameran statis dalam bentuk-bentuk gambar, foto, grafik, hasil kerajinan tangan, duplikat barang-barang bersejarah, diorama, patung dan foto slide.
2. Pameran aktif dalam bentuk penayangan multi media (video dan audio visual) dan website (internet). Promosi secara menyeluruh program-program kegiatan yang mencakup Pemerintah Propinsi Jawa Barat, pergelaran kesenian, kegiatan khusus, peragaan pembuatan kerajinan, dan sebagainya.
3. Invetarisasi data Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat sebagai informasi;
4. Pelayanan Informasi tentang Jawa Barat, khusus nya seni budaya dan pariwisata baik melalui leaflet, brosur, perpustakaan, audio visual, internet maupun keterangan secara lisan kepada pengunjung yang memerlukan.
Kegiatan :
I. Program Pengelolaan Kekayaan dan Keragaman Budaya:
1. Gema Ekspresi Seni Kiwari
2. Karnaval Prajurit
3. Parade Tari Nusantara
4. Gema Perkusi Nusantara
5. Parade Lagu Nusantara

 Program Pengembangan Pemasaran Pariwisata :
1. Pameran Objek dan Daya Tarik Wisata Jawa Barat
2. Peragaan Pembuatan Kerajinan Cinderamata Khas Jawa Barat

Dalam upaya mendukung misi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat yakni “Mempromosikan kepariwisataan Jawa Barat“, Balai Pengelolaan Anjungan Jawa Barat yang merupakan Unit Pelaksanan Teknis Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Prov. Jawa Barat  konsisten penyelenggaraan kegiatan bertemakan kepariwisataan  secara berkala pada setiap tahunnya. Kegiatan pameran yang penataan standnya dilombakan dan  memperebutkan trophy dari Direktur Utama TMII serta Piala bergilir dari Dinas Pariwista dan Kebudayaan Prov. Jawa Barat ini memiliki benefit yang jelas untuk merangsang pertubuhan kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata di Jawa Barat, paling tidak kegiatan ini menjadi salah satu gerbang informasi wisata Jawa Barat di kawasan objek wisata nasional berskala Internasional. (E-001) ***