Mengunjungi Curug Bojong, Area Wisata di Kawasan Hutan

43

PANGANDARAN,wilayah kabupaten yang baru beberapa tahun berdiri ini , merupakan kota kabupaten hasil pemekaran dari wilayah Kabupaten Ciamis. Seiring dengan keberadaannya Kabupaten Pangandaran menggenjot sektor pariwisata agar bisa menghasilkan PAD yang cukup besar.Sebelum memisahkan diri wilayah Pangandaran menyumbang PAD cukup besar untuk Kabuoaten Ciamis. 

Salah satu bentuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Pangandaran dengan menggarap sektor obyek wisata serta destinasi wisata baru .Selain beberapa destinasi favorit seperti pantai Pananjung serta Green Canyon yang sudah populer , dalam beberapa tahun terakhir ini Pemkab Pangandaran gencar memberikan alternatif destinasi baru bagi pelancong.Salah satu di antaranya yang terletak di daerah Desa Sukahurip, Kecamatan Pangandaran.

Sebetulnya Objek wisata ini  merupakan kawasan hutan yang disulap menjadi area wisata. Sebelumnya bernama Curug Bojong, kemudian bernama Curug Sawangan, dan kini berganti menjadi Curug Bojong, karena terdapat aliran sungai yang berasal dari Kampung Bojong dan pada akhirnya masyarakat menyebutnya Curug Bojong. Wisata Curug ini dibuka sebagai tempat pariwisata atas inisiatif lembaga masyarakat yang bernama LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) yang berperan sebagai mitra kerja Perum Perhutani. Luas Kawasan Wisata Curug Bojong kurang lebih sekitar 14 Hektar.

Aksebilitas menuju lokasi bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat,hanya untuk transportasi umum belum ada.Cara untuk mencapai lokasi bisa mengunakan kendaraan pribadi ataupun mencarter kendaraan sewaan.

Setelah sampai ke Desa Sukahurip disarankan untuk menuju lokasi dengan membawa guide masyarakat setempat,karena lokasi curug terletak di tengah hutan.Bagi para penikmat petualangan Curug Bojong sangat di rekomendasikan karena curug ini masih sangat alami belum banyak di kunjungi oleh pelancong.Namun tidak perlu khawatir pihak pengelola menjamin bahwa curug ini aman untuk di kunjungi pelancong.

Topografi curug sangat cantik,terdapat tiga tingkat aliran air yang cukup deras. Selain itu terdapat cerukan – cerukan kolam alam yang bisa untuk berenang.Aktivitas lain yang bisa dilakukan oleh para pelancong ialah river tubing. Untuk kegiatan ini pihak pengelola  menyediakan peralatan keselamatan.

Para pelancong biasanya menyewa perangkat keselamatan ini dengan ditemani oleh pemandu untuk melakukan aktivitas river tubing.Lokasi nya yang ada ditengah hutan, fasilitas pendukung  masih sederhana. Tidak perlu khawatir untuk keperluan makan minum karena ada masyarakat setempat berjualan .Jadi bila anda berkunjung ke kawasan Pangandaran ada baiknya mengunjungi kawasan dengan pemandangan masih alami . (E-001) ***