Pantai Muara Bendera

92

PANTAI Muara Bendera adalah Tempat Wisata yang tidak Jauh dari Jakarta, yaitu tepatnya berada di dekat Pantai Muara Beting dan Pantai Muara Gembong,Lokasi tepatnya di Desa Pantai Bahagia.Untuk mencapai ke sana, para pelancong bisa mendatangi kawasan wisata Kecamatan Gembong Bekasi. Jaraknya dari pusat kota Bekasi adalah kurang lebih 30 kilometer,  dari pusat kota Bekasi,kita bisa  berkendara melewati Babelan.Sedangkan dari arah Kabupaten Bekasi, untuk mencapai lokasi bisa melewati jalur Cikarang atau Tambun.Bagi para pelanong dari ibukota bisa melalui arah Marunda kemudian menuju jalur Muara Gembong.

Pantai Muara Bendera adalah pantai yang memiliki karakteristik tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai di Muara Gembong lainnya. Pantai ini memiliki karakteristik yang dekat dengan hutan mangrove sehingga bisa menjadi salah satu alternatif dari Wisata Alam Jabodetabek yang bisa dikunjungi. Bahkan sebagian kawasan dari pantai ini adalah hutan mangrove di kawasan Muara Gembong. Keunikan dari pantai ini bukan hanya dari keberadaan hutan bakau yang ada, melainkan juga dari kondisi alamnya yang masih sangat alami.

Kawasan mangrove merupakan habitat dari kera ekor panjang serta lutung hitam,namun mereka terkesan malu malu,anda harus datang pada pagi hari atau sore hari untuk melihat penampakan mereka sedang mencari makan. Selain kera, kawasan mangrove ini merupakan tempat singgah burung-burung yang bermigrasi dari Samudera Pasifik dan Laut Cina Selatan. Burung-burung itu akan sering terlihat pada antara bulan Septermber hingga bulan Februari. Pemandangan ini merupakan pemandangan langka, karena saat ini tidak semua pantai disinggahi burung-burung yang bermigrasi.

Aktivitas yang bisa dilakukan pelancong di pantai ini ialah menikmati suasana pantai dengan cara bermain air atau berenang di tepian pantai. Walau di pantai ini tidak ada fasilitas wisata seperti wahana permainan air atau semacamnya, melakukan kegiatan dengan menyusuri pantai atau bermain air di sana tetap mengasyikkan.Sebagai informasi kawasan pantai ini merupakan habitat ubur-ubur. Oleh karena itu bila kita bermain main air dan berenang kita harus selalu waspada terhadap sengatan ubur ubur,apalagi bila membawa anak anak harus dipastikan tempat mereka bermain air bebas dari ubur ubur.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan ialah memancing terdapat beberapa spot memancing di tempat ini. Jenis ikan yang biasa didapatkan oleh para pemancing adalah ikan baronang, ikan blanak, ikan kropak, ikan kakap, dan ikan gabus bloso. Dan jika beruntung, Anda bisa mendapatkan ikan kakap putih.Fasilitas penunjang wisata yang masih sedikit membuat para pelancong harus membawa bekal makanan serta minuman untuk mengisi perut akibat aktivitas yang dilakukan.Untuk menjaga kelestarian pantai kepada para pelancong di harapkan harus selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan,tidak merusak kawasan hutan mangrove serta tidak mengganggu hewan hewan yang ada.