Super “JALAPA LIGA 3 JABAR 2018” Siap Berlaga

155

BILA kita amati segala bentuk kegiatan pertandingan olahraga, pasti selalu muncul  persaingan. Permainan boleh berlangsung sengit, tetapi aspek sportivitas, fairplay dan manusiawi jangan sampai hilang. Selain itu berkembangnya sepakbola di Indonesia, sampai membuat liga tersendiri . Khususnya bagi kaum laki-laki, sepakbola merupakan hobi sekaligus kesenangan yang mampu membentuk komunitas. Karena sepakbola sudah ada sejak lama , bahkan dari masa sebelum kemerdekaan Indonesia .

Terkait sepak bola, Super Jago Bola Pasundan (JALAPA) Liga 3 kembali digelar pada tahun 2018 ini, setelah tahun lalu digelar secara sukses dan PSKC Cimahi sebagai pemenangnya. Kegiatan  Launching Super Jalapa Liga 3 Indonesia 2018 yang didukung penuh supersoccer , diikuti 42 tim  secara resmi sudah dilaksanakan Jum’at 27 April 2018 di Pendopo Papuri, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung. Secara simbolis persemian dimulainya kejuaraan sepaka bola ini ditandai dengan tendangan bola ke gawang oleh Ketua Asprov PSSI Jawa Barat, Tommy Aprianto dan pengangkatan piala Super JALAPA Liga 3 Jabar.

Hadir dalam kesempatan tersebut, para petinggi dan staf  Asprov PSSI Jawa Barat, mantan pemain bola senior Frankie, serta perwakilan dari 42 tim yang akan berlaga. Iwan Sundawa
selaku Sekretaris Panpel mengatakan, kick offnya telah dimulai pada 29 April 2018 lalu, berlangsung serentak di 6 titik dan dipusatkan di Warung Jambu Majalengka, dan akan berakhir sekitar bulan Juli 2018 sampai keluar 8 perwakilan (besar) . Iwan  menambahkan, kalau mulai kompetisi pada tingkat  Pulau Jawa akan ditentukan oleh PSSI, tapi sesuai i hasil kongres, bahwa kejuaraan tingkat nasional  akan dimulai sekitar bulan November dengan sistem pertandingan cuma satu putaran.

Pihak Super Soccer, Tries Pondang Simbolon memaparkan, musim kedua bagi Super Soccer yang hadir kembali di kegiatan Liga 3 kompetisi Jabar, merupakan komitmen Super Soccer berkomitmen dalam kompetisi Liga 3 yang diselenggarakan oleh Asprov Jabar. “Pada Liga 3 tahun ini banyak talenta-talenta muda U 21- U 23,” kata Tries. Selain itu , ujar Tries ,  kompetisi yang memakai sistem putaran pertama dan kedua, dilanjutkan knockout di 16 besar, semi final, dan final.  Pihaknya berharap tim yang mengikuti Super Jalapa dapat mengundang animo penonton lebih banyak .

Sementara itu, kalender putaran pertamanya sendiri untuk event Super JALAPA Liga 3 Jabar tahun ini  yang berlangsung dari 29 April  hingga 13 Mei 2018  secara serentak di 6 kota,  yakni di Stadion Tambun Kabupaten Bekasi, Stadion Wiradadaha Tasikmalaya, Stadion Mini Anda S Dipura, Kotabaru, Kabupaten Karawang, Lapang Angkasa Sulaeman Kabupaten Bandung, Stadion Warung Jambu, Kabupaten Majalengka, dan Lapangan sepakbola KONI di Citeureup, Bogor.

“Kalau melihat pengalaman tahun kemarin memang agak berat, tapi sekarang kita punya kuota 8 tim,” dan pada tahun lalu, Jabar hanya memiliki kuota dua tim yang diwakili oleh PSKC Cimahi dan Maung Anom,” kata Ketua Asprov PSSI Jawa Barat Tommy Apriantono seraya berharap jika  8 tim lolos, kita punya waktu untuk latihan sebab diperkirakan Super Jalapa selesai akhir Juli 2018 , sementara liga 3 wilayah Jawa, digelar sekitar akhir Agustus 2018 . ( E 009)***