Lagi, Satgas Citarum Harum Tutup Saluran Limbah

84

Satuan tugas atau satgas citarum harum sektor 21, kembali menutup lubang pembuangan limbah pabrik di kampung Cipanas, desa Nanjung Mekar, kecamatan Rancaekek, kabupaten Bandung. Satgas Citarum harum menutup saluran limbah tersebut, dengan cara mengecor pipa di bawah aliran anak sungai Cimande.

Satuan tugas Citarum sektor 21 menutup saluran pembuangan limbah di kampung Cipanas, desa Nanjung Mekar, kecamatan Rancaekek, kabupaten Bandung. Satgas Citarum harum sektor 21 dibantu masyarakat dan relawan, langsung menutup dengan cara mengecor saluran limbah di anak sungai Cimande, yang bermuara di sungai Citarum.

Pembuangan limbah pabrik yang dikeluarkan PT. Senotex, tersembunyi di bawah aliran sungai Cimande, sehingga tidak diketahui siapapun. Namun, saluran tersebut mengeluarkan air limbah yang kotor, sehingga mengotori anak sungai Cimande dan sungai Citarum.

Menurut satgas citarum harum, sektor 21, Kolonel Yusef Sudrajat, berdasarkan laporan anggota sub sektor 1 Citarik, pihak PT Senotex tidak mengolah limbah tersebut, namun langsung membuangnya ke aliran sungai Cimande. Satgas Citarum Harum sektor 21 pun langsung mengecor saluran limbah milik PT Senotex di anak sungai Citarik.

Pihaknya akan terus mencari pabrik yang membuang limbah tanpa pengolahan, untuk mengembalikan ekosistem sungai Citarum.

Rezytia Prasaja, Bandung tv.