Memasuki Kemarau, Produktivitas Pertanian Menurun

45

Memasuki musim kemarau, produktivitas pertanian di Lembang Kabupaten Bandung Barat menurun sampai lima puluh persen. Selain susah mendapat pasokan air, banyak tanaman sayuran  yang terserang hama.

Petani sayuran di desa Cibodas, kacamatan Lembang, kabupaten Bandung Barat, terkena imbas musim kemarau. Tidak sedikit komoditas sayuran yang menurun produktivitasnya.

Hasil budidaya pertanian menurun, mengingat saat ini minim air untuk menyiram tanaman sayur, serta banyak hama yang menyerang, terutama kupu-kupu yang merusak tanaman sayuran seperti kubis. Akibatnya, 50 persen tanaman hancur.

Seorang petani mengatakan, normalnya dari dua ribu tanaman kubis, bisa dipanen sekitar dua ton. Namun saat ini, yang dapat dipanen serta dijual, hanya sekitar satu ton. Para petani pun mengharapkan perhatian pemerintah daerah kabupaten bandung barat, supaya petani tidak terus-terusan kesulitan dalam menghadapi musim kemarau.

Kesulitan pasokan air di musim kemarau dirasakan berat bagi para petani, karena berdampak pada hancurnya budidaya tanaman sayuran.

Algi Muhammad Gifari, Bandung tv.