Tips Sukses Berkarir Di Industri Kreatif

25

PERTUMBUHAN bisnis Industri kreatif di Indonesia nampak semakin menggeliat dan berkembang. Ditandai dengan bermunculannya banyak perusahaan kreatif yang baru bahkan melahirkan beberapa profesi baru.

Tidak dapat dipungkiri lagi, industri kreatif makin berkembang dan menyimpan banyak potensi serta peluang. Mungkin dulu banyak orang yang memandang karir di industri kreatif dengan sebelah mata. Memang, belum banyak orang yang menyadari bagaimana pesatnya perkembangan industri kreatif baik di Indonesia maupun secara global.

Saat ini industri kreatif seperti desain, animasi, film, fotografi, dan lainnya menjadi yang difavoritkan oleh generasi millennial, karena industri kreatif ini menyenangkan bagi mereka, selain itu juga makin menjanjikan seiring dengan pesatnya kebutuhan pasar yang meningkat.

Belum lagi perhatian yang diberikan oleh pemerintah dan berbagai pihak swasta untuk turut mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia, membuat lapangan ini semakin potensial. Tidak hanya itu, industri kreatif juga diprediksi akan terus maju dan berkembang sehingga pilihan berkarir di bidang ini tidak akan ada habisnya.

Sebelum memutuskan untuk berkarir di industri kreatif, simak dulu tips-tips berikut ini:

Terus Belajar dan Kembangkan Diri

Sebagaimana industri kreatif terus berkembang, kamu juga harus bisa mengikuti dengan terus mengembangkan diri. Mulailah dengan belajar di bidang yang kamu minati, seperti desain, animasi, atau film. Setelah itu, teruslah kejar berbagai pengalaman dan pengembangan diri lebih lanjut melalui pendidikan, seminar, atau kursus.

Bangun Hubungan dengan Pekerja Kreatif Lainnya

Industri kreatif, khususnya desain, animasi, dan film, membuka peluang yang sangat lebar untuk kerjasama dan kolaborasi. Dengan membangun networking seluas-luasnya dapat membantumu membangun berbagai proyek kerjasama yang menjanjikan. Dengan mengenal dan memaparkan diri dengan pekerja kreatif lainnya di bidangmu, kamu juga bisa mengenal dan memetakan kompetisi yang ada di sektor karirmu.

Tetap Up-to-date Dengan Perkembangan Industri Kreatif

Sebagai bidang yang relatif baru dan masih berkembang, penting bagi kamu untuk selalu up-to-date dan menyesuaikan diri. Mungkin ada bidang atau peluang karir baru, mungkin ada kebijakan baru dari pemerintah, mungkin ada program atau kegiatan yang cocok untuk bidang yang kamu geluti, pastikan kamu tidak ketinggalan. Baik saat kamu bekerja dalam sebuah proyek atau perusahaan atau memulai bisnismu sendiri, sangat penting untuk tetap up-to-date dalam mengamati kebutuhan pasar yang ada dan terus berkembang.

Bersikap Profesional

Meskipun bisnis kreatif terkesan tidak memiliki proses produksi/kerja yang baku dan sistematis seperti manufaktur. Namun bukan berarti Anda meninggalkan sikap profesionalitas. Mulai dari pembuatan akad perjanjian, ketepatan waktu/deadline yang disepakati, hasil kerja yang memuaskan dan lain sebagainya harus dilakukan seprofesional mungkin. Karena itulah yang akan membawa Anda sukses di bisnis ini.

Selalu Berikan Karya Terbaik

Pada akhirnya seperti yang saya katakan diawal bahwa industri kreatif, dihargai atau dinilai dari ide atau hasil karya yang kita ciptakan atau buat. Untuk itu selalu berikan karya terbaik Anda dalam setiap permintaan atau kesempatan yang ada. Karena semakin bagus portofolio Anda, maka Anda atau bisnis kreatif Anda akan semakin dibayar mahal. (C-003/Pikri)***