Sektor 21 Citarum Harum Tutup Saluran Limbah Pabrik

82

Akhir pekan kemarin, satgas citarum harum menutup pembuangan limbah cair, milik dua pabrik di kawasan industri cimahi. kedua pabrik tersebut kedapatan dengan sengaja membuang limbah cair ke aliran anak sungai citarum.

Satuan tugas citarum harum, mulai dari aparat tni serta penggiat lingkungan, mendatangi  tempat pembuangan limbah cair, milik pabrik pt asatex dan pabrik textil tanjung harapan, di jalan industri, kota cimahi, akhir pekan kemarin. limbah tersebut dialirkan ke sungai cimahi, yang bermuara ke sungai citarum.

Pembuangan limbah cair berbahaya ini tidak sesuai dengan baku mutu yang telah ditentukan. satgas citarum harum pun menutup dua tempat sekaligus pembuangan limbah cair ini, guna membersihkan aliran  sungai citarum, yang menyandang predikat sungai terkotor di dunia.

Saat ini, satgas citarum harum sudah menutup 16 saluran limbah pabrik di kota cimahi dan kabupaten bandung, khususnya di sektor 21. tapi, 5 dari 16 pabrik sudah dibuka, karena dinyatakan pengolahan limbah sudah baik.

Hingga saat ini, satgas citraum harum menemukan lebih dari dua puluh pabrik, yang membuang limbah cairnya langsung ke aliran anak sungai yang bermuara ke citarum. meski memiliki instalasi pengelolaan air limbah atau ipal, hasilnya masih banyak pabrik tidak sesuai dengan aturan.

Algi muhammad gifari, bandung tv.