Bukit Lolongokan, Melihat Asrinya Alam Pegunungan Kecamatan Talegong

119

PESISIR selatan Jawa Barat dengan segala pesonanya selalu mengundang decak kagum para pelancong. Banyak destinasi wisata alam yang bisa kita kunjungi di pesisir selatan Jawa Barat yang membentang dari wilayah Kabupaten Sukabumi hingga Kabupaten Pangandaran. Wilayah Kabupaten Garut  misalnya, ternyata memiliki beberapa destinasi wisata alam yang berlokasi di pesisir selatan Jawa Barat.

Pantai Ranca Buaya , salah satu favorit para pelancong di wilayah tersebut,untuk mencapai lokasi pantai Rancabuaya dari pusat Kota Bandung, kita bisa melalui dua akses , melalui  Kota Garut atau melalui Pangalengan Kab.Bandung.Kedua akses tersebut aksebilitas jalannya sudah cukup bagus,namun bila kita melalui akses Pangalengan banyak sekali spot  cantik di sepanjang jalan.Selepas kota Kecamatan Pangalengan hamparan perkebunan teh akan menyambut setiap pengendara yang menuju Rancabuaya.Bahkan salah satu destinasi wisata favorit para fotograper yaitu kawasan Cukul lokasi nya ada di  jalan menuju Rancabuaya .

Salah satu spot cantik  berada di wilayah Kecamatan Tolegong,kecamatan ini merupakan kecamatan paling barat di wilayah Kabupaten Garut berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung.Para pelancong mengenal spot cantik ini dengan sebutan Bukit Lolongokan.  Longok dalam bahasa Sunda bermakna menengok memanglah kata yang cocok untuk sebutan pada bukit ini. Umumnya pengunjung Bukit Lolongokan , mereka yang tengah dalam perjalanan menuju Rancabuaya.Panorama dari atas Bukit Lolongokan  sangat indah,cukup  ikonik untuk dipotret.

Beberapa pengunjung mendeskripsikan keindahan Talegong dengan memotret panorama dari Bukit Lolongokan. Bila kita memandang ke arah Alun-alun, kita bisa melihat jalan meliuk-liuk di antara hijaunya pepohonan serta perkebunan rakyat. Ke arah selatan, kita dapat melihat hijau serta asrinya alam Kecamatan Talegong, ditambah panorama alur sungai yang cantik.

Para pelancong pada umumnya beristirahat di tempat ini,mereka mengabadikan keindahan alam sambil mengisi perut.Ada baiknya kita membeli makanan serta minuman yang dijajakan oleh penduduk setempat,dengan hal ini secara tidak langsung kita telah membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.Keindahan Bukit Lolongokan mulai dikenal dalam beberapa tahun terakhir,hal ini tidak terlepas dari banyaknya foto foto tempat ini yang di bagikan di sosial media.

Destinasi wisata Bukit Lolongokan masih terus dikembangkan oleh masyarakat setempat,kedepannya menurut beberapa warga yang kami temui akan dibuat beberapa spot untuk berswafoto dengan latar keindahan bukit menghijau.Dengan dibangunnya beberapa spot swafoto tersebut diharapkan para pelancong terutama kaum muda mudi makin banyak yang berkunjung ke lokasi ini.Sedikit saran bagi masyarakat , untuk kedepannya mereka bisa menjual produk kerajinan khas,  seperti gantungan kunci, alat alat musik khas Sunda,pernak pernik hiasan dinding serta souvenir lainnya untuk meningkatkan pendapatan mereka. (E-001) ***