Leuwi Jubleg, Destinasi Wisata yang Masih “Perawan”

24

MASIH di wilayah Kabupaten Garut, kita menuju ke wilayah Kecamatan Bungbulang. Di wilayah ini terdapat sebuah destinasi wisata alam menarik , lokasinya berada di Kampung Cikupa Desa Cihikeu Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut. Bagi yang ingin ke Leuwi Jubleg dari arah Kota Garut kalian bisa melalui  Bungbulang . Sebelum Pasar Bungbulang terdapat Gapura Desa Cihikeu dan disampingnya ada pangkalan ojek. Selanjutnya masuk ke jalan Desa Cihikeu .Kemudian kita sampai di daerah persawahan,dari lokasi sini menuju Leuwi Jubleg dengan berjalan kaki.

Masyarakat setempat menamakan destinasi ini dengan sebutan Leuwi Jubleg, dalam bahasa Sunda, leuwi  artinya cekungan di dasar sungai. Namun leuwi sendiri juga menjadi sebutan masyarakat untuk sungai. Sedangkan Jubleg adalah Lesung atau tempat untuk menumbuk padi. Mungkin penamaan Leuwi jubleg ini  karena ada air terjun kecil ini di tempat ini membentuk sebuah cekungan yang mirip dengan lesung tempat menumbuk padi , sebab itu diberi nama Leuwi Jubleg. Leuwi  ini memiliki aliran air yang jernih dan menyegarkan, berada di dalam hutan yang rimbun, menurut warga ketinggian Leuwi Jubleg ini antara 2-3 meter. Sedangkan di atasnya Leuwi Jubleg  , terdapat air  terjun yang ketinggiannya lebih dari 5 meter.

Destinasi wisata ini masih alami,bahkan tidak ada pungutan untuk tiket masuk,para pelancong yang membawa kendaraan sendiri harus menitipkan kendaraan di rumah penduduk.Dari rumah penduduk ini kita hiking menembus jalan perdesaan serta bukit sebelum sampai lokasi.Rasa lelah hiking ini tidak akan terasa melihat pemandangan yang disajikan oleh alam di tempat ini.Ada baiknya bila kita mengunjungi tempat ini,  kita mengajak masyarakat setempat untuk menemani,karena lokasi leuwi masih alami dan jarang di kunjungi masyarakat.Hal lainnya yang perlu diperhatikan , kita harus membawa bekal makanan serta minuman karena dilokasi Leuwi Jubleg tidak ada penjual makanan dan minuman.Fasilitas pendukung wisata dilokasi hanyalah bilik sederhana tempat ganti baju saja.

Para pelancong yang datang pasti tergiur ingin segera berenang bila melihat visual lansekap Leuwi Jubleg,air jernih kehijauan dengan arus tidak terlalu deras sangat disayangkan bila tidak kita arungi.Namun kewaspadaan tetap perlu kita lakukan karena cerukannya cukup dalam,bermain air dilokasi ini harus disertai tanggung jawab. Keasrian lokasi ini harus kita jaga, caranya ialah dengan tidak membuang sampah sembarangan maupun melakukan vandalism.Aktivitas lainnya yang kerap dilakukan para pelancong, selain berenang ialah mengabadikan keindahan alam di lokasi,selain berswafoto mereka tidak jarang mengabadikan visual lansekap dengan peralatan fotografi yang mereka bawa seperti telepon genggam atau kamera digital. (E-001) ***