Salah Satu Cita-Cita Jadi Youtuber

77

KINI si pembuat dan penyebar konten di youtube tak lagi sebagai hobby, tapi sudah dijadikan sebagai salah satu profesi di dunia. Tidak hanya di Indonesia, kids zaman now atau anak generasi milenial ini sudah banyak yang bercita-cita menjadi youtuber. Youtuber adalah profesi yang mengambil perhatian jutaan pelanggan (pengguna internet) melalui konten video dan menghasilkan pundi yang menjanjikan untuk masa depan.

Bagaimana tidak, seperti yang dikutip dari m.dw.com salah seorang youtuber asal Swedia dengan akun PewDiePie yang sudah memiliki pengikut mencapai 60 juta lebih, itu menjadi salah satu tokoh berpengaruh versi majalah Time. Padahal konten yang ia bahas dalam akun youtube-nya hanyalah review video game. Bahkan youtuber paling berpengaruh ini pada tahun 2016 berhasil mengalahkan Rihanna, Justin Bieber dan Taylor Swift.

Faktanya lain di Jepang, youtuber menjadi salah satu cita-cita favorit usia anak SD. Profesi yang sangat didambakan karena dengan modal yang cukup ringan. Cukup membuat sebuah video/tayangan yang beda dari yang lain dan berusaha mencari pengikut sebagai penonton setia, kita akan mendapat bayaran yang fantastic.

Di Indonesia sendiri, yang menjadi banyak inspirasi bagi anak muda adalah Ria Ricis. Berawal dari video di Instagram yang selalu berusaha membuat konten beranekaragam bagi para pengikutnya. Bermodal dari konten yang berisi kebaikan juga dia memberanikan diri untuk membuat akun youtube. Bahkan Ria Ricis kini disebut sebagai youtuber terkaya di Indonesia dengan segala pencapaiannya.

Tidak menutup kemungkinan youtube menjadi salah satu industry di masa yang akan datang. Mengingat kekayaan konten yang ada di youtube. Mulai dari konten yang penting dan informatif sampai konten yang hanya iseng atau sekedar untuk berbagi. Hal ini didukung dengan keberadaan internet yang rasanya mustahil untuk musnah dari muka bumi ini. Maka keberadaan profesi youtuber dianggap menjadi salah satu profesi yang menjanjikan di masa depan. Dan yang paling penting, generasi muda di Indonesia sudah banyak yang melontarkan cita-citanya sebagai youtuber, bukan lagi sebagai polisi, dokter, guru atau yang lainnya.

Tidak ada yang salah memang ketika youtuber menjadi salah satu profesi idaman generasi masa kini. Faktanya, para youtuber dengan konten jenis apapun ternyata menghasilkan nominal yang tidak sedikit. Padahal jika kita lihat dari modalnya, hanya membutuhkan barang yang biasa dalam keseharian pun sudah kita gunakan. Paling sederhana bermodalkan handphone dan jaringan internet.

Namun perlu diketahui beberapa konten yang banyak diminati oleh para penikmat tayangan youtube :

  1. Ilmu

Konten berbagi ilmu disini bukan diartikan menggurui, resmi/formal dan atau menggunakan bahasa-bahasa seperti di dalam kelas yang sedang belajar. Disinilah calon youtuber dituntut untuk aktif dan kreatif. Ktreatif dalam mengemas pesan menjadi unik namun bisa cepat dicerna.

Apapun yang bisa dibagikan tentang kebaikan, maka bagikanlah. Usahakan membagikannya dengan hiburan ringan dan unik. Kemas konten seperti “bagaimana sih proses terjadinya pelangi itu?” konten tersebut menyampaikan ilmu, dukung dengan audio dan visual yang sesuai dengan targetnya. Menggunakan animasi/kartun jika targetnya memang untuk usia anak SD.

  1. Tutorial

Tata cara atau tuntunan membuat dan menggunakan sesuatu. Untuk perempuan, bisa membuat tata cara penggunaan make up, tuntunan memilih hijab yang cocok sesuai bentuk kepala atau yang lainnya. Konten mengenai fashion masih menjadi primadona.

  1. Do it yourself (DIY)

Konten yang satu ini sama dengan How to. Keunikannya bisa diambil dari material yang digunakan biasanya material yang sudah tidak terpakai (daur ulang). Konten ini menjadi salah satu konten terluas dari yang lainya. Karena how to ini selain mengajak mendaur ulang juga bisa dijadikan untuk how to  using dan how to do.  Nilai dari konten ini akan tinggi jika apa yang dibuatnya bisa bernilai rupiah dan bermanfaat setidaknya bagi dirinya sendiri.

  1. Review

Konten review biasanya mengulas hal-hal yang penting, yang biasanya belum semua orang pernah melakukan / menggunakan sesuatu. Misanyal mereview tempat wisata yang baru dan belum terjamah oleh banyak orang. Mereviem merk atau produk tertentu. Tujuan dari konten ini adalah mejelaskan, menerangkan dan memberikan pengetahuan tentang sesuatu agar orang lain yang belum tahu menjadi lebih tahu dan bisa memilih dengan tepat.

  1. Komedi

Siapa yang tidak suka dengan hiburan? Banyak pengguna internet yang mencari hiburan. Karena hiburan di media mainstream yang sudah terlalu membosankan. Komedi yang dimaksud bisa lelucon yang disetting atau memenag komedi yang ambil dari beberapa potongan tayangan lain. Biasanya konten komedi disangkut pautkan dengan moment yang sedang booming pada saat itu.

  1. Cover

Banyak penyanyi atau grup band yang terkenal dan berawal dari meng-cover lagu orang lain dan dipublish di youtube. Dengan fakta itu, banyak anak muda yang meniru. Cover tersebut bisa merupakan cover lagu orang lain atau bahkan menciptakan lirik sendiri dengan music yang sudah ada. Kreativitas dari pembuatan video, editing, artistic dan lainnya itu berpengaruh pada konten ini. Karena jika konten cover monoton dan kurang berwarna, penonton setia bisa semakin berkurang.

  1. Gaming

Video game yang sampai saat ini banyak dimintai mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Konten ini masih mirip dengan how to, jadi video gaming ini menjelaskan dan memberitahu bagaimana cara bermain satu game dengan lebih baik dan bertujuan membuat si penonton lebih mahir.

Beberapa konten diatas bisa menjadi referensi jika berminat menjadi youtuber. Apapun kreatifitas yang anda miliki, tuangkan saja dalam akun youtube anda. Dengan syarat yang masih manusiawi agar tetap bisa memanusiakan manusia. Walaupun seperti yang kita ketahui, apapun yang berkaitan dengan internet itu sangat bebeas, tanpa batas dan tanpa aturan. Namun ada baiknya kita sebagai manusia tetap menggunakan hati dan logika dengan seimbang. Agar suatu saat jika kita menjadi profesi youtuber, dapat dikenang dengan konten-konten yang baik dan bermanfaat. Selamat mencba dan jangan takut untuk berkreasi. (C-003/Mila)***