Mahasiswa Tawarkan Organ Tubuh Untuk Biaya Kuliah

27

Sejumlah Mahasiswa Menawarkan  Organ Tubuh Mereka Untuk Dijual Seharga Puluhan Juta Rupiah, Untuk Kebutuhan Biaya Kuliah. Sejumlah Organ Tersebut Diantaranya Mata, Ginjal, Dan Hati Dengan Harga Yang Berbeda. Hal Tersebut Dilakukan Mahasiswa Upi, Saat Berunjuk Rasa Di Kampus Upi Senin Siang, Menuntut Penghapusan Uang Pangkal Yang Dinilai Mahal.

Dengan menutup mata dan mulut, sejumlah mahasiswa dari berbagai jurusan di kampus universitas pendidikan indonesia membentangkan poster bertuliskan penawaran menjual organ tubuh mereka, seharga puluhan juta demi keperluan kuliah.

Dalam poster yang dibentangkan mahasiswa ini, organ tubuh yang ditawarkan antara lain mata seharga 20 juta, ginjal 30 juta, dan hati 28 juta. hal tersebut dilakukan ratusan mahasiswa, dalam unjuk rasa di kampus universitas pendidikan indonesia bandung, senin siang. ratusan mahasiswa ini menuntut pihak kampus menghapuskan uang pangkal, yang diterapkan kepada mahasiswa baru, yang masuk melalui jalur seleksi mandiri di universitas pendidikan indonesia.

Menurut koordinator aksi, yetno, uang pangkal tersebut merupakan bentuk liberalisasi pendidikan, sehingga menyulitkan mahasiswa yang orang tuanya tidak mampu membiayai kuliah. padahal, banyak cara yang bisa dilakukan pihak kampus, jika uang tersebut untuk kebutuhan pembangunan.

Mahasiswa juga mendatangi sejumlah fakultas dan gedung rektorat, untuk menyampaikan aspirasi mereka. mahasiswa juga solat berjamaah di depan gedung rektorat upi, dengan tujuan agar hati pihak rektorat tergugah dan segera membatalkan uang pangkal tersebut.

Mahasiswa mengancam akan terus berunjuk rasa dengan jumlah massa yang lebih banyak, jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Yuwana kurniawan, bandung tv.