Satgas Citarum Harum Tutup Saluran Limbah Ilegal

77

Satgas Citarum harum menutup pembuangan limbah cair berbahaya milik dua pabrik, di kawasan industri Dayeuh Kolot kabupaten Bandung, Selasa siang. Sebelumnya, petugas sempat adu mulut dengan pihak pabrik, karena menganggap telah memenuhi baku mutu pengolahan limbah.

Saluran pembuangan limbah dua pabrik di kawasan industri Dayeuh Kolot kabupaten Bandung, yang langsung mengalir ke aliran sungai Citarum, ditutup satgas Citarum harum.

Satgas Citarum harum terdiri dari TNI dan pegiat lingkungan, sempat adu mulut dengan pihak pabrik. Hal tersebut karena, pihak pabrik menganggap sudah memenuhi baku mutu pengolahan yang baik, sehingga limbah yang dibuang ke aliran sungai Citarum tidak membahayakan lagi.

Petugas dari satgas Citarum tidak percaya begitu saja, sehingga melakukan beberapa pengecekan. Namun, selang satu jam, petugas mendapati air limbah tersebut berubah warna menjadi gelap dan berbau. Petugas satgas citarum pun mengecor saluran milik pabrik tersebut, karen dianggap tidak kooperatif.

Saluran limbah pabrik yang mengalir ke sungai citarum, akan terus disisir petugas Citarum harum. Sudah 22 pabrik yang ditutup di kota Cimahi dan kabupaten Bandung. Sebagian diantaranya dibuka kembali, karena sudah memenuhi baku mutu dan instalasi pengolahan air limbah atau ipal yang baik.

rezytia prasaja, bandung tv.