Warga Berdesakan Membuat KTP dan Akta Kelahiran

21

Ratusan warga yang akan merekam KTP elektronik dan membuat akta kelahiran, berdesakan di kantor kecamatan Kertasari, kabupaten Bandung. Bahkan, petugas kewalahan mengatur warga yang sangat antusias, dengan adanya program pembuatan KTP dan akta kelahiran langsung jadi tersebut.

Antusias warga yang akan merekam KTP elektronik dan membuat akta kelahiran, membuat suasana di kantor kecamatan Kertasari, kabupaten Bandung, sempat ricuh.

Warga yang terus berdatangan membuat kantor pelayan kecamatan Kertasari dipadati warga, hingga harus menulis formulir di luar halaman kantor. Bahkan, warga rela berdesakan, saat akan membawa formulir pendaftaran pembuatan akta kelahiran.

Petugas TNI dan Satpol PP pun kewalahan mengatur warga yang terus berdatangan.

Menurut seorang warga, Kokom Komariah, saat akan membawa formulir perekaman dirinya berdesakan dengan warga lainnya karena penuh. Dirinya juga mengatakan, biasanya tidak berdesakan seperti ini, tapi karena ada pembuatan akta kelahiran gratis, warga terus berdatangan.

Sementara itu, menurut Kadisdukcapil kabupaten Bandung, Salimin, warga seharusnya tidak perlu mengantre dan berdesakan, karena setiap hari kantor kecamatan selalu melayani warga yang akan merekam KTP dan membuat akta kelahiran.

Program road show perekaman KTP dan pembuatan akta kelahiran oleh disdukcapil kabupaten Bandung, akan terus digelar, guna mengejar target warga yang harus memiliki KTP, dan akta kelahiran. Hal tersebut mengingat, masih banyak warga di kabupaten bandung yang belum memiliki KTP, dan akta kelahiran.

rezytia prasaja, bandung tv.