Kembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Libur Panjang

61

LIBUR Lebaran sebentar lagi akan usai, tidak ada salahnya kita mempersiapkan diri untuk beraktivitas seperti biasanya. Banyak kegiatan yang harus dilakukan yang menuntut tubuh kita tetap fit. Kuncinya adalah dengan megembalikan kebugaran tubuh kita tetap kuat.

Liburan merupakan hal yang harus dilakukan sebagai waktu istirahat kita menghabiskan banyak waktu untuk bekerja. Tidak baik jika kita hanya mementingkan pekerjaan saja tanpa diselingi dengan liburan. Meski begitu liburan juga berdampak pada kebugaran tubuh kita. Biasanya saat liburan kebugaran akan menurun apalagi jika waktu liburan dihabiskan dengan malas-malasan di rumah tanpa berolahraga.

  1. Buat Jadwal Keseharian

Membuat jadwal keseharian dari bangun tidur sampai tidur lagi membuat otak kita mempersiapkan apa yang harus dilakukan setelah libur panjang dilalui. Jadwal tersebut membantu otak kita bekerja agar tidak kaget dan malah membuat malas bekerja. Jika tidak dipersiapkan dengan membuat jadwal terlebih dahulu otak akan kaget karena belum terbiasa dengan kegiatan yang harus dimulai kembali.

  1. Mulailah dengan Olahraga Ringan

Saat bangun tidur lakukan peregangan pada tubuh. Tubuh akan kaku jika tidak melakukan peregangan karena saat tidur tubuh kita hanya terbaring sehingga aliran darah tidak mengalir dengan lancer. Peregangan membuat otot kita santai dan siap melakukan kegiatan lain yang lebih berat. Terutam setelah melakukan libur panjang.

  1. Lanjutkan dengan Jogging

Setelah melakukan peregangan alangkah lebih baik jika kita lanjutkan dengan berlari di sekitar rumah kita. Waktu yang tepat untuk mengembalikan kebugaran tubuh kita adalah berlari pada sore hari. Dengan berlari di sore hari tubuh kita melakukan kegiatan yang cukup lelah. Hal ini membuat tubuh kita ingin segera istirahat. Inilah yang membantu kita tidur lebih awal di malam hari. Karena telah melakukan olahraga di sore hari, pagi harinya saat kita bangun tubuh akan terasa lebih bugar dari biasanya dan siap untuk bekerja dengan semangat.

  1. Cukup Tidur

Saat liburan kita cenderung tidur kapan saja tidak teratur. Tubuh perlu tidur untuk mengistirahatkan organ-organ yang ada pada tubuh. Memperbarui sel-sel yang perlu diganti, membersihkan otak dari memori-memori yang membuat stres dan organ-organ tubuh lainnya yang perlu istirahat dan pembaharuan. Tidur awal lebih baik karena hanya pada jam-jam tertentu saja beberapa organ berfungsi optimal pada tubuh. Diusahakan bangun pagi agar mendapatkan udara yang masih segar membantu membersihkan paru-paru kita dari polusi yang berbahaya.

  1. Atur Pola Makan

Tentu saja liburan membuat kita makan dengan sepuasnya apalagi setelah bulan ramadhan. Kita pasti memakan makanan yang teklah kita tahan selama melakukan puasa. Maka dari itu kita harus atur pola malan kita. Sebagai pekerja sarapan merupakan hal yang mesti dilakukna sebelum memulai pekerjaan. Sarapan membantu otak bekerja lebih optimal karena darah mengalir dengan lancari ke otak apabila kita telah sarapan. Sarapan membantu metabolisme tubuh dengan baik. Oleh karena itu sarapan merupakan hal yang penting dilakukan.

  1. Perbanyak Makanan Srrat

Lebaran identik dengan makanan yang berkuah dan berlemak. Terlalu banyak makan makanan yang berlemak membuat kebugaran kita jadi menurun bahkan bisa menyebabkan panas dalam, Imbangi makanan tersebut dengan makanan yang tinggi serat. Seperti buah-buahan dan sayuran. Buah sangat bermanfaat bagi tubuh karena membantu untuk meningkatkan eneri. Buah membantu perubahan lemak menjadi karbohidrat.

Itulah beberapa cara agar kita bisa mengembalikan kebugaran kita setelah melakukan libur panjang setelah lebaran. Semoga bermanfaat dan kita bisa memulai pekerjaan kita kembali dengan tubuh yang sehat dan jwa yang semangat. (C-003/Isti)***