Di Pantai Losari Kota Angin Mamiri yang Romantis Tersaji Pisang Epe dan Kerajinan Berbahan Emas

24

SAAT berwisata ke Kota Angin Mamiri, pasti akan menyempatkan diri berkunjungi ke Pantai Losari  , kawasan pantai yang terletak di sebelah barat Kota Makassar Sulawesi Selatan. Pantai ini menjadi tempat bagi warga Makassar maupun wisatawan untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam .

Sebelum dikenal sebagai Losari, warga Makassar menyebutnya Pasar Ikan karena banyak pedagang pribumi yang berjualan. Dipagi hari dimanfaatkan sebagai pasar ikan, sedangkan di sore hari dimanfaatkan pedagang lainnya untuk berjualan kacang, pisang epe dan aneka makanan ringan khas Makassar dan makanan laut (seafood). Dulunya warung-warung di tempat ini disebut-sebut sebagai warung terpanjang di dunia (karena warung-warung tenda berjejer di sepanjang pantai yang panjangnya kurang lebih satu kilometer). Saat ini warung-warung tenda yang menjajakan makanan laut tersebut telah dipindahkan pada sebuah tempat di depan rumah jabatan Walikota Makassar yang berada di sekitar Pantai Losari. Pada sore hari, semua orang bisa menikmati proses atau detik-detik tenggelamnya matahari.

Begitu masuk ke kawasan pantai, traveler akan disajikan dengan taman yang luas. Banyak kegiatan yang bisa traveler lakukan. Setiap sudut pantai ini tata dengan apik dan sangat fotogenik.Mulai dari jalan santai, hunting foto, naik perahu karet sampai naik Kapal Phinisi bisa dilakukan di sini. Traveler yang mau numpang foto di dalam kapal juga dipersilakan.Kapal ini bernama Phinisi Bagi Negeri yang masih beroperasi hingga saat ini. Dengan mengusung proyek edukasi, Phinisi memberikan perjalanan gratis bagi para pelajar. Pihak sekolah bisa berkoordinasi langsung kepada pihak pengelola untuk melakukan perjalanan edukasi melalui Phinisi. Edukasi yang diberikan adalah sekitar kemaritiman dan kelautan Indonesia.Anak-anak akan dikenalkan kepada laut dan segala penghuninya. Sehingga menciptakan rasa memiliki  lautan Indonesia.Traveler yang mau liburan naik kapal ini juga bisa. Tarif yang diberikan tergantung dari biaya operasional saja

Obyek wisata Pantai Losari berada di jantung Kota Makassar, tepatnya di Jalan Penghibur. Jalan ini berada di sebelah barat Kota Makassar. Jika Anda dari pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan transportasi kendaraan pribadi maupun umum. Jika Anda dari Bandara Hasanuddin, perjalanan dapat ditempuh dengan waktu 45 menit.Anda tidak perlu membayar tiket untuk memasuki kawasan Pantai Losari. Tersedia berbagai transportasi umum seperti becak, taksi, bus, dan sebagainya. Transportasi tersebut bisa Anda gunakan untuk berkeliling di sepanjang Pantai Losari.  Selain tersedia pula berbagai akomodasi hotel dengan berbagai kelas, dari wisma sampai hotel berbintang. Restoran, cafe, warung, kerajinan emas dan souvenir .

Selain sunset yang indah, Pantai Losari Makassar terkenal akan  beraneka kuliner. Penganan paling banyak dicari wisatawan adalah kuliner khas Pantai Losari, yakni pisang epe. Jajanan yang terbuat dari pisang mentah yang di geprek lalu dibakar dan disajikan dengan air gula merah yang di encerkan. Hal lainnya di sepanjang Pantai Losari ini disediakan akses internet gratis tanpa login dan membayar. (E-001) ***