Ribuan Kios Pedagang Dibongkar

36

Seribu 25 kios di pasar pangalengan, kabupaten bandung, digusur aparat gabungan satpol pp, tni-polri. penggusuran merupakan langkah untuk merevitalisasi pasar, karena di lokasi tersebut akan dibangun pasar modern yang lebih bersih dan nyaman. meski sebagian pedagang sempat bersitegang dengan petugas, akhirnya ribuan kios tersebut digusur setelah melalui proses mediasi.

Rabu sore, aparat gabungan dari satuan polisi pamong praja kabupaten bandung, dan tni-polri, menggusur seribu 25 kios di pasar sederhana pangalengan, kabupaten bandung. penggusuran yang sbeelumnya sudah disosialisasikan ini, merupakan langkah pemerintah kabupaten bandung merevitalisasi pasar pangalengan, yang ditempati bangunan-bangunan semi permanen, rawan kebakaran, serta sudah lama tidak dibenahi.

Penggusuran pasar ini sempat diwarnai bersitegang antara sejumlah pedagang yang belum menerima keputusan pemerintah dengan aparat, tapi, tidak berlangsung lama. penggusuran dilakukan pemerintah bukan tanpa solusi. usai diratakan dengan tanah, akan kembali dibangun pasar modern yang lebih bersih dan nyaman. sementara itu, pemerintah desa pangalengan sudah menyiapkan tempat relokasi sementara, yang tak jauh dari pasar pangalengan.

Sejumlah pedagang yang belum menerima kiosnya digusur, akhirnya bisa dirangkul dan diajak mediasi di mapolsek pangalengan, dengan ditengahi kapolres bandung, akbp indra hermawan. usai mediasi, empat puluh tujuh pedagang yang tidak menerima penggusuran, akhirnya mau kiosnya digusur dan direlokasi ke tempat yang sudah disediakan pemerintah desa.

Pemerintah berjanji, setelah pasar modern di lokasi ini dibangun, para pedagang lama akan diprioritaskan untuk segera berjualan kembali dengan kondisi kios besar, bersih, dan nyaman.

Rezytia prasaja, bandung tv.