Warga Sukamanis Tak Memiliki MCK Memadai

19

Warga desa sukamanis, kecamatan kadudampit, kabupaten sukabumi, sudah puluhan tahun tidak memiliki fasilitas mandi cuci kakus atau mck memadai. bahkan, untuk mencapai lokasi mck, warga harus berjalan kaki naik turun melewati jalan setapak yang cukup jauh.

Sebagian warga kampung taman, desa sukamanis kecamatan kadudampit, kabupaten sukabumi, tidak memiliki sarana mandi cuci kakus atau mck yang memadai. untuk mendapatkan air bersih, mereka mengandalkan sumber mata air. itu pun hanya untuk keperluan mandi. sedangkan untuk buang air besar, mereka harus berjalan kaki setidaknya sejauh 5 ratus meter.

Kondisi tersebut sudah terjadi puluhan tahun lalu. bahkan, jika darurat dan malam hari, mereka terpaksa buang air besar di kebun. seorang warga, yopi mengatakan, setiap hari dirinya bersama warga lainnya harus berjalan kaki untuk mandi dan mencuci pakaian, serta keperluan lainnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat, asep saefulloh mengatakan, masyarakat sangat membutuhkan sarana mandi cuci kakus untuk umum. hal tersebut karena, di kampungya belum ada sarana mck.

Warga berharap, pemerintah segera turun tangan untuk membuat mck yang memadai di kampung mereka, agar tidak perlu jalan jauh saat akan buang air besar. hal itu juga berdampak bagi kesehatan lingkungan mereka.

Budi setiawan, bandung tv.