Air Terjun Moramo dengan Tujuh Undakan Menyimpan Pesona Keindahan Luar Biasa

24
SEPI PENGUNJUNG. Sejumlah pengunjung menikmati air terjun di Moramo, Kab Konawe Selatan, Sultra, Minggu (15/5). Akibat masih seringnya gempa susulan di daerah Moramo, berdampak pula terhadap pengunjung wisata alam di daerah tersebut yang biasanya ramai pada hari libur kini tampak sepi

DESTINASI wisata alam di Sulawesi Tenggara ternyata cukup banyak,setelah mengunjungi Danau Biru di Kolaka,kami menuju destinasi selanjutnya yaitu Air Terjun Moramo yang berada dalam kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa. Jarak dari Kota Kendari ke  lokasi air terjun tidak terlalu jauh, kurang lebih sekira 59 Km.Untuk dapat mencapai lokasi air terjun nan cantik dan menawan ini dengan melakukan perjalanan selama kurang lebih satu jam .

Air terjun ini berada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan. Untuk mencapai lokasi air terjun, wisatawan bisa memilih beberapa alternatif kendaraan yang bisa digunakan,  kendaraan roda dua atau roda empat.

Sebelum sampai lokasi air terjun kita harus trekking menembus kawasan hutan,diawali dari pintu gerbang sampai lokasi. Selama berjalan kaki untuk menuju air terjun, wisatawan akan melihat pemandangan alam yang hijau dan luas. Hutan suaka tersebut terbentuk  dengan aneka ragam flora dan fauna yang asri. Sepanjang jalan  wisatawan bisa mendengar kicauan burung yang saling bersahutan, atau kupu-kupu hutan yang indah.

Semua itu akan menemani perjalanan menuju air terjun yang konon ditemukan oleh salah satu warga dari Jawa yang tinggal di Sulawesi. Penemunya seorang transmigran dari Jawa pada tahun 1980 , saat  ia sedang memasuki hutan untuk menjerat Anoa. Pada tahun 1989 mulai dibuka jalan untuk mengakses air terjun Moramo dan pada tahun 1990 resmi dijadikan obyek wisata.

Aliran air di air terjun ini berasal dari Sungai Biskori yang bersumber dari Pegunungan Tambolosu. Warga sekitar memanfaatkannya air pengairan/irigasi sawah dan kehidupan sehari-hari. Air Terjun Morama, yang disebut-sebut menjadi salah satu air terjun terindah di Indonesia , memang memilki karakter yang unik dan beberapa keistimeawaan. Air Terjun Morama memilki ketinggian sekitar 100 meter dengan kontur berundak  lebih dari 7 buah undakan besar dan 60 undakan kecil serta beberapa kolam yang bisa kita jadikan tempat untuk pemandian/berendam, hal ini membuat takjub orang yang melihatnya.

Air terjun yang meluncur deras pada batuan granit yang terbentuk selama ribuan tahun lalu ini terasa lebih istimewa dengan warna-warna pelangi yang terpancar dari buih-buih air yang mengalir.

Air terjun Moramo  juga memilki keunikan lain, dengan daerah batuan kapur yang ada di air terjun ini, menyebabkan airnya mengandung sulfur dan alkali serta dinding-dinding batunya yang tidak licin karena sulitnya tumbuhnya lumut, sehingga bisa dipanjat oleh pengunjung.

Ada sebuah legenda berkembang di masyarakat bahwa air terjun ini dipercaya sebagai lokasi mandi para bidadari dari kayangan,hal ini dikarenakan kecantikan visual lansekapnya.Untuk fasilitas penunjang wisata cukup lengkap,kita bisa dengan mudah menemukan penjual makanan minuman hingga sarana toilet.

Air Terjun Moramo masuk dalam Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa yang memiliki luas sekitar 38.937 hektar.Selain memiliki kecantikan panorama alamserta flora fauna yang beragam ,kawasan ini ternyata memiliki kandungan marmer terbesar di dunia. Diperkirakan sekitar 860 miliar kubik marmer tersimpan di kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa ini. (E-001) ***