BBPOM Sita Kosmetik Tanpa Izin Edar Senilai 1,9 Milyar Rupiah

43

Balai besar pengawas obat dan makanan, b-b-pom provinsi jawa barat menyita ratusan produk kosmetika tanpa izin edar, t-i-e, dan mengandung bahan berbahaya. ratusan produk senilai 1,9 miliar rupiah tersebut, disita b-b-pom dari toko, distributor kosmetika, pasar modern, pasar tradisional, klinik kecantikan dan salon yang tersebar di tujuh kabupaten, kota di jawa barat.

Inilah ratusan produk kosmetik yang berhasil disita oleh balai besar pengawas obat dan makanan, b-b-pom, provinsi jawa barat sejak 11 juli hingga 2o juli 2018. selain tak memiliki izin edar, ratusan produk kosmetik ini ada yang mengandung bahan berbahaya, seperti bahan merkuri. seperti yang terkandung dalam salah satu produk kosmetik yang mengklaim memiliki kaya kandungan vitamin e dan baik untuk kesegaran kulit, namun  justru mengandung bahan berbahaya merkuri.

Ratusan produk kosmetik senilai 1,9 miliar rupiah ini berhasil disita dari toko, distributor kosmetika,pasar modern, pasar tradisional, klinik kecantikan dan salon yang tersebar di tujuh kabupaten,kota di jawa barat. diantaranya kota depok, kota bogor, kabupaten bogor, kota bandung, kabupaten karawang, kota bekasi dan kabupaten bekasi.

I gusti menambahkan, produk kosmetika yang disita ini berasal dari produk impor dan produk lokal. untuk produk impor mayoritas berasal dari cina dan korea, sementara untuk produk lokal, b-b-pom hingga kini masih menyelidiki keberadaan lokasi produksinya.

Yuwana kurniawan, bandung tv.