DINKES KBB Gerlar Perlombaan Balita Sehat Indonesia

28

dalam rangka menyambut peringatan  hari kesehatan nasional atau h-k-n, yang setiap tahunnya jatuh pada bulan november. dinas kesehatan kabupaten bandung barat,menggelar sejumlah rangkaian acara,salah satunya lomba balita sehat indonesia. pelaksanaan kali ini,bertepatan dengan momentum peringatan hari anak nasional, juga menangkal isu global terkait pencegahan dan penanganan stunting (balita pendek).

sebanyak tiga puluh satu anak atau balita, perwakilan dari sejumlah puskesmas di seluruh kecamatan kabupaten bandung barat, mengikuti perlombaan balita sehat indonesia,yang digelar oleh dinas kesehatan kabupaten bandung barat,rabu siang.kegiatan tersebut dalam rangkaian acara peringatan hari kesehatan nasional,sekaligus peringatan hari anak nasional tahun 2018,tingkat kabupaten dan kota.

pada perlombaan balita sehat,setiap balita diperiksa satu persatu oleh dokter ahli,mulai dari pemeriksaan tinggi badan,berat badan,responsip balita,pertumbuhan gigi,asupan gizi sang.

kepala bidang pelayanan kesmas dinas kesehatan kabupaten bandung barat, dr. maqdesi mengatakan, tujuan digelarnya acara l-b-s-i,sebagai media pembelajaran sebagai bagian upaya meningkatkan peran serta masyarakat dan peran orang tua dan anggota keluarga yang lainnya,agar sadar dan peduli untuk melakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita , terutama dalam seribu hari pertama kehidupan, agar balita tercegah dari terjadinya stunting alias balita pendek.

diharapkan dengan adanya kegiatan ini , masyarakat akan lebih faham dan lebih meningkatkan peran, serta mengawasi setiap pertumbuhan balitanya.tujuanbnya yakni agar sang balita terhindar dari penyakit stunting atau balita pendek.target jangka panjangnya yakni para penerus bangga ini dapat menjadi anak yang genius, gesit,empati, berani,unggul dan sehat.

algi muhamad ghifari, bandung tv.