Saung Elite Di Lapas Sukamiskin Dibongkar

18

Keberadaan saung elite di lembaga pemasyarakatan kelas satu sukamiskin bandung akhirnya dibongkar oleh petugas gabungan dari kementerian hukum dan ham. pembongkaran dilakukan selang beberapa hari setelah dicopotnya jabatan indro purwoko sebagai kepala kantor wilayah jawa barat, digantikan oleh dodot adiet kuswanto, dan alfi zahrin kiemas sebagai kepala divisi pemasyarakatan jawa barat, digantikan oleh kusnali.

 pembongkaran secara tertutup dilakukan oleh petugas gabungan dari kementerian hukum dan ham terkait keberadaan saung-saung elite di lembaga pemasyarakatan kelas satu sukamiskin bandung. pembongkaran dilakukan dari selasa sore hingga rabu dini hari. selain ratusan petugas,empat kendaraan bak terbuka dan satu kendaraan truk pun terlihat memasuki memasuki gerbang lapas. dalam pembongkaran kali ini,  awak media tidak diperkenankan melakukan peliputan ke dalam lapas. rekaman video pembongkaran pun hanya dilakukan oleh petugas lapas.

Terlihat puluhan saung-saung elite yang berada dilingkungan lapas dibongkar oleh petugas gabungan. menurut penuturan petugas,jumlah saung-saung elite yang dibongkar mencapai 32 saung.saung-saung yang telah dibongkar,dibawa keluar lapas dengan kendaraan yang telah disediakan sebelumnya. pembongkaran saung-saung elite ini dilakukan selang beberapa hari setelah menteri hukum dan ham,yasonna laoly,mencopot jabatan indro purwoko sebagai kepala kantor wilayah jawa barat, digantikan oleh dodot adiet kuswanto. dan alfi zahrin kiemas sebagai kepala divisi pemasyarakatan jawa barat,digantikan oleh kusnali.

Plh kepala kantor wilayah jawa barat, dodot adiet kuswanto mengatakan, pembongkaran dilakukan untuk menghilangkan anggapan publik tentang adanya fasilitas elite dan  keistimewaan di dalam lapas. kedepan pihaknya akan membangun ruang kunjungan yang lebih representatif dan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi.

Pihaknya akan terus berupaya melakukan normalisasi dan revitalisasi di lembaga pemasyarakatan kelas satu sukamiskin. dengan jabatannya saat ini,kusnali berkomitmen akan melaksanakan apa yang diperintahkan oleh pimpinan.

 yuwana kurniawan, bandung tv.